2 Cara Hack Akun Facebook dan Cara Menghindarinya

  • 2 min read
  • Jun 05, 2020
Cara Hack Akun Facebook dan Cara Menghindarinya

Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengguna paing banyak. meskipun sudah kita ketahui bahwa keamanan sosial media sekarang ini sudah sangat ketat. Tetapi ternyata kejahatan di sosial media masih sering terjadi, salah satu kejahatan sosia media yang paling sering terjadi yaitu hack. Facebook yang merupakan perusahaan media sosial yang besar pun para penggunanya masih sering kebobolan para hacker yang tidak bertanggung jawab. Pada artikel kali ini kami akan membahas cara hack facebook, tetapi tenang saja pada artikel kali ini kami juga memberikan cara menghindari dari hacker-hacker yang ingin menyalahgunakan cara hack yang sudah tersebar luas di internet.

Yang pertama yaitu menggunakan keylogger yang merupakan perangkat lunak adalah program yang dapat merekam setiap ketikan pada keyboard yang dibuat pengguna, paling sering tanpa sepengetahuan mereka. Perangkat lunak harus diunduh secara manual di komputer korban. Ini akan secara otomatis mulai menangkap penekanan tombol segera setelah komputer dihidupkan dan tetap tidak terdeteksi di latar belakang. Perangkat lunak ini dapat diprogram untuk mengirimkan ringkasan semua penekanan tombol melalui email.  Atau kalian juga dapat menggunakan keylogger hardware Ini bekerja dengan cara yang sama dengan keylogger perangkat lunak, kecuali bahwa drive USB dengan perangkat lunak perlu dihubungkan ke komputer korban. Drive USB akan menyimpan ringkasan penekanan tombol, jadi sesederhana memasukkannya ke komputer Anda sendiri dan mengekstraksi data. Ada beberapa opsi yang tersedia untuk keyloggers perangkat keras. Keyloggers berkabel seperti Keyllama dapat dilampirkan ke komputer korban untuk menyimpan penekanan tombol dan bekerja pada sistem operasi apa pun asalkan Anda memiliki akses fisik untuk mengambil perangkat nanti. Jika Anda mencari untuk menggesek kata sandi dari jarak jauh, Anda dapat berinvestasi dalam keylogger berkemampuan Wi-Fi premium yang dapat mengirim email keystrokes yang diambil atau diakses dari jarak jauh melalui Wi-Fi.

Cara Melindungi Diri Anda

  • Gunakan firewall. Keyloggers biasanya mengirim informasi melalui internet, sehingga firewall akan memantau aktivitas online komputer Anda dan mengendus segala sesuatu yang mencurigakan.
  • Instal pengelola kata sandi. Keyloggers tidak dapat mencuri apa yang tidak Anda ketik. Pembuat kata sandi secara otomatis mengisi formulir penting tanpa harus mengetik apa pun.
  • Perbarui perangkat lunak Anda. Setelah perusahaan mengetahui adanya eksploitasi dalam perangkat lunak mereka, mereka mengerjakan pembaruan. Tetap di belakang dan Anda bisa rentan.
  • Ubah kata sandi. Jika Anda masih merasa tidak terlindungi, Anda dapat mengubah kata sandi dua mingguan. Ini mungkin tampak drastis, tetapi membuat informasi yang dicuri seorang hacker tidak berguna.

Kemudian ada opsi yang kedua, opsi ini jauh lebih sulit daripada yang lain, tetapi ini juga merupakan metode yang paling umum untuk meretas akun seseorang. Jenis phishing yang paling populer adalah membuat halaman login palsu. Halaman tersebut dapat dikirim melalui email ke korban Anda dan akan terlihat persis seperti halaman login Facebook. Jika korban masuk, informasi akan dikirimkan kepada Anda alih

Cara Melindungi Diri Anda

Jangan mengklik tautan melalui email. Jika email memberitahu Anda untuk masuk ke Facebook melalui tautan, berhati-hatilah. Pertama-tama periksa URL ( Berikut adalah panduan hebat tentang apa yang harus diwaspadai ). Jika Anda masih ragu, langsung ke situs web utama dan login seperti biasa. Phishing tidak hanya dilakukan melalui email. Ini bisa berupa tautan apa pun di situs web / ruang obrolan / pesan teks / dll. Bahkan iklan yang muncul dapat berbahaya Jangan mengklik tautan yang tampak samar yang meminta informasi Anda.