3 Contoh Teks Ceramah Singkat dan Umum

  • 4 min read
  • Dec 05, 2020
Contoh Teks Ceramah

Teks ceramah adalah sebuah teks yang digunakan untuk kegiatan ceramah, isinya merupakan serangkaian paragraf dengan informasi, pengetahuan, atau hal yang akan disampaikan kepada khalayak ramai. Kini, menemukan contoh teks ceramah bukan hal yang sulit lagi karena kamu bisa menemukannya di berbagai media modern zaman sekarang.

Sementara itu ceramah adalah kegiatan menyampaikan pidato yang dilakukan oleh seseorang di depan publik atau banyak orang mengenai suatu pengetahuan, hal, atau sebagainya. Orang yang melakukan ceramah disebut penceramah.

Teks ceramah biasanya mengandung pesan, petuah, atau nasihat. Dengan teks ceramah kita bisa menyampaikan informasi atau pesan yang dirasa penting kepada banyak orang. Apa perbedaan ceramah dengan pidator? Ternyata ceramah sendiri merupakan bagian dari pidato.

Sedangkan dikutip dari salah satu karya Arif Yosodipuro, Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat (2020), tujuan pidato adalah untuk memengaruhi audiens dengan sesuatu yang dikehendaki pembicaranya.

Biasanya ceramah lebih ditujukan untuk acara atau kegiatan keagamaan, sementara pidato lebih bersifat umum dan general.

Berikut ini diberikan beberapa contoh teks ceramah singkat tentang covid-19 dan berbagai tema menarik lainnya.

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Covid-19

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin sekalian yang saya hormati, pertama-tama mari kita ucapkan syukur alhamdulillah kepada Allah SWT karena sampai detik ini kita masih dikaruniai kehidupan yang indah dan juga kesehatan berharga.

Bapak ibu sekalian, tak terasa sudah hampir satu tahun wabah Covid-19 menggemparkan dunia. Tahun 2020 ini hampir berakhir, tapi pandemi belum juga menunjukkan tanda-tanda berakhirnya. Di tengah situasi yang tak menentu ini, mari kita bersama-sama belajar untuk kembali bersabar.

Saudara-saudara semuanya, sabar itu penting sekali dalam masa-masa seperti sekarang. Mirisnya, sudah banyak orang yang mulai jenuh. Bosan diam di rumah, pergi liburan ke luar, bosan makan di rumah, pergi makn di luar, lelah pakai masker, maskernya ditaruh di dagu.

Bapak ibu dan saudara sekalian, sesungguhnya Allah SWT berfirman dalam Q.S. Al Baqarah ayat 153 yang bunyinya :

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Melalui ayat tersebut, Allah mengingatkan kita semua untuk sabar. Sabar, sabar, dan sabar. Bersabarlah dan menahan diri. Karena kesabaran adalah pelindung orang beriman.

Jalan-jalan atau liburan ke luar kota bisa kita lakukan ketika pandemi sudah hilang. Kalau semua orang keluar rumah, bermain-main, tidak memakai masker dengan benar, malah virusnya yang tambah senang.

Tenang, saja. Tempat wisata dan restoran di luaran sana tetap bisa dikunjungi dan didatangi beberapa bulan ke depan, kok. Sekarang, kita harus sabar menunggu dulu dan berdoa semoga vaksinnya bisa segera ditemukan dan digunakan.

Kuncinya adalah sabar. Demikian yang bisa saya sampaikan pada ceramah siang ini. Mohon maaf bila ada ucapan yang kurang berkenan di hati.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Keberanian

Selamat siang, hadirin sekalian.

Tentang masa depan, selalu ada ketakutan di dalamnya dan semuanya perlu dibangun kembali. Ingatan yang menyakitkan, harapan yang terputus. Bagi mereka, bagi saya, bagi Anda, bagi kita semua itu merupakan saat-saat yang paling gelap.

Akan tetapi, jangan takut, janganlah kita menyerah pada ketakutan kita. Karena sesungguhnya, ketakutan tidak pernah tahu tentang kekuatan yang kita miliki. Ini adalah sebuah pesan, pesan harapan. Ini ditujukan kepada kita semua, hari ini. Dan ini adalah kata-kata yang diulangi oleh Tuhan kepada kita semua, siang ini juga.

Karunia keberanian dari Tuhan hanya bisa kita terima dengan menggelindingkan batu paling kecil, sekalipun yang mungkin sudah ditempatkan di hadapan hati kita. Dengan demikian, cahaya Tuhan yang bangkit akan menembus ketakutan kita yang paling dalam. Sama halnya ketika Yesus mendahului murid-Nya menuju Galilea, demikian juga Tuhan mendahului kita semua.

Jangan takut, jangan menyerah kepada ketakutan. Ingat, ini adalah pesan harapan. Yang ditujukan kepada kita semua, hari ini.

Mari kita sama-sama heningkan tangisan kematian yang selama ini kita rasakan. Semoga produksi dan perdagangan senjata segera terhenti, karena roti adalah yang kita butuhkan, bukan senjata.

Semoga pembunuhan orang-orang tak berdosa dan tindakan aborsi segera berakhir. Semoga hati mereka yang merasa cukup dan lapang, terbuka untuk mengisi tangan-tangan kosong orang-orang yang tak mampu mengisi tangan mereka sendiri.

Terima kasih.

Contoh Teks Ceramah Umum Tentang Keseimbangan Hidup

Selamat sore, bapak ibu sekalian.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang sebuah pelajaran hidup, pelajaran hidup berharga mengenai keseimbangan.

Coba Anda bayangkan, jika Anda memiliki lima balon udara yang masing-masingnya merupakan kesehatan, keluarga, pekerjaan, semangat, dan teman. Bagaimana Anda menjaga kelima balon tersebut?

Bayangkan kalau pekerjaan merupakan bola karet yang jika dijatuhkan akan memantul kembali. Namun, keempat bola lainnya, yakni kesehatan, keluarga, semangat, dan teman, terbuat dari bahan kaca.

Di mana bila Anda menjatuhkan salah satunya, maka mereka akan lecet, rusak, atau bahkan hancur tak dapat kembali seperti semula. Mereka tidak akan pernah sama lagi.

Di sinilah pentingnya pemahaman dan perjuangan untuk sebuah keseimbangan dalam hidup.

Lalu, bagaimana caranya?

Janganlah Anda sekali-kali merusak nilai Anda sendiri dengan membandingkan diri Anda dengan orang lain. Mengapa? Karena kita semua berbeda, kita unik, dan kita memiliki masing-masing nilai yang istimewa.

Janganlah Anda menetapkan tujuan Anda berdasarkan apa yang orang lain anggap penting. Mengapa? Karena hanya Anda sendiri yang tahu, apa yang terbaik bagi Anda.

Janganlah Anda membiarkan hidup Anda tergelincir kepada kejadian-kejadian masa lalu atau masa depan. Karena apa yang sedang Anda jalani adalah sekarang dan hari ini. Anda akan menjalani semua hari-hari dalam hidup Anda satu per satu.

Janganlah Anda takut untuk menghadapi resiko. Karena resiko adalah bagian dari kesempatan. Ambilah kesempatan itu dan Anda akan terus belajar bagaimana mengatasi masalah.

Janganlah Anda takut mengakui bahwa Anda tidak sempurna. Kita semua tidak ada yang sempurna.

Janganlah Anda menyerah ketika Anda masih mempunyai sesuatu untuk diberikan dan diusahakan. Tidak ada yang benar-benar berakhir, kecuali sampai Anda berhenti untuk mencoba.

Janganlah Anda lupakan juga bahwa kebutuhan emosional terbesar seseorang merupakan merasa dihargai secukupnya.

Janganlah Anda menutup cinta dari hidup dengan cara mengatakan tidak mungkin untuk menemukan waktu. Cara paling tepat untuk menerima cinta adalah dengan memberi, dan cara paling cepat untuk kehilangan cinta adalah dengan memegangnya erat-erat. Sementara itu, cara terbaik menjaga cinta adalah dengan memberinya sayap.

Jangan pernah takut untuk belajar, pengetahuan dan wawasan yang kurang merupakan salah satu harta yang bisa selalu Anda bawa kemana-mana dengan mudah.

Dan jangan gunakan waktu Anda sembarangan. Setiap detik dan setiap waktu sangatlah berharga. Tapi ingat! Hidup bukanlah perlombaan, melainkan sebuah perjalanan yang harus dinikmati pada setiap langkahnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga ada hikmah dan manfaatnya yang bisa diambil.

Terima kasih, dan selamat sore.

Sekian tiga contoh teks ceramah yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Apabila kamu masih ingin melihat atau membaca contoh yang lebih banyak lagi, silahkan kunjungi situs Pendidikanpedia untuk menemukan lebih banyak lagi contoh teks ceramah singkat.