3 Manfaat Buah untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021
Manfaat Buah

Memulai gaya hidup yang sehat bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Soalnya, kita bisa mulai dari hal sederhana seperti mengonsumsi buah dan sayuran yang memiliki gizi tinggi. Buah dan sayuran memang kaya akan manfaat bagi kesehatan serta mampu menghindari kita dari risiko terkena penyakit. Bahkan buah juga dapat berkontribusi untuk kita yang ingin menurunkan berat badan.

Di samping manfaatnya yang besar, ternyata tidak sedikit orang yang masih takut untuk mengonsumsi buah karena buah dapat memiliki kandungan gula yang tinggi. Lantas, berapakah batas minimal konsumsi buah yang dapat kita lakukan agar buah tersebut tidak menjadi bumerang untuk kita? Ada banyak hal yang bisa kita antisipasi, misalnya dengan melakukan variasi terhadap jenis buah yang kita konsumsi. Pada dasarnya, terdapat setidaknya tiga manfaat buah bagi kesehatan yang bisa kita lihat pada uraian berikut ini!

1. Sumber vitamin dan mineral untuk tubuh

Hal pertama yang dapat kita rasakan ketika kita mengonsumsi buah ialah sumber nutrisi yang terpenuhi. Tidak bisa dipungkiri, buah yang bisa kita dapatkan di TaniHub, sebuah platform online terbaik memiliki begitu banyak nutrisi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh kita, diantaranya seperti vitamin serta mineral. Ketika kita beli buah di TaniHub, kita bisa menemukan berbagai macam buah yang kaya akan vitamin C. Seperti yang kita tahu, vitamin C memiliki banyak manfaat untuk sistem di dalam tubuh kita, seperti menjaga sistem imun, kesehatan kulit, kesehatan jantung, kesehatan mata, serta bermanfaat untuk kehamilan. Apalagi, ada beragam nutrisi yang berperan penting dalam mengatasi radikal bebas yang akan menimbulkan kerusakan sel serta penyakit kronis. Sementara itu, buah yang kulitnya bisa dikonsumsi cenderung memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi.

2. Mengurangi risiko terkena penyakit

Mungkin, kita sering mendengar bahwa buah memiliki manfaat kesehatan dan membuat kita terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit. Pada sebuah studi meta studi yang terdapat pada Journal of Nutrition, dinyatakan bahwa konsumsi rutin buah setiap hari berperan penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung hingga sebesar 7%. Sementara itu, studi lainnya menyebutkan bahwa konsumsi rutin sayur dan buah berperan pada penurunan tekanan darah tinggi. Selain itu, konsumsi buah juga akan mengendalikan kadar glikemik yang ada pada penderita diabetes. Bukan hanya itu saja, dengan makan buah-buahan secara teratur, kita akan mampu mengurangi bermacam-macam masalah kesehatan, seperti sakit kepala, peradangan, serta gangguan kesehatan yang serius seperti penyakit kardiovaskuler, diabetes, serta jantung.

3. Mengurangi berat badan

Meskipun seringkali dikesampingkan, pada dasarnya manfaat buah-buahan juga bisa kita lihat pada saat kita sedang menurunkan berat badan. Soalnya, buah akan membuat perut kita merasa kenyang berkat adanya kandungan air serta serat yang melimpah. Makanya, perut kita akan terisi oleh buah sebagai kudapan yang menyehatkan. Sementara itu, rasa kenyang juga bisa kita dapatkan karena kita mengunyah ketika makan buah. Apalagi, seseorang yang mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk dan apel dinilai dapat merasa lebih kenyang dibandingkan dengan konsumsi daging maupun telur. Nah, dikarenakan kemampuannya untuk memberikan rasa kenyang saat dikonsumsi, buah bisa berperan penting untuk menurunkan berat badan. Agar kita bisa mendapatkan manfaat buah-buahan bagi tubuh kita, maka kita direkomendasikan untuk setidaknya mengonsumsi 400 gram buah per hari yang kemudian bisa dibagi menjadi 5 kali masing-masing sebanyak 80 gram.