3 Tahap Mulai Berbisnis Jasa SEO yang Harus Kita Ketahui

  • 2 min read
  • Aug 14, 2021
Jasa SEO

Berkembangnya teknologi internet membuat banyak orang tertarik untuk berbisnis dengan memanfaatkan internet. Salah satu bisnis yang cukup ramai peminat adalah bisnis penyedia jasa SEO. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan jasa SEO untuk kepentingan bisnis maupun untuk menunjang blog pribadi.

Memulai bisnis layanan jasa SEO sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Biaya atau modal yang harus dikeluarkan pun juga tidak terlalu besar. Untuk itulah bisnis yang satu ini bisa kita jadikan sebagai salah satu pilihan berbisnis. Nah jika kalian berminat untuk mulai berbisnis layanan jasa SEO, paling tidak kalian harus mengetahui 3 tahap berikut ini.

Tahap Pertama

Di taham pertama ini kita harus menyiapkan beberapa hal sebelum memulai bisnis layanan jasa SEO. Adapaun hal-hal tersebut diantaranya:

  • Sumber Daya Manusia (SDM

Hal utama yang harus kita siapkan adalah sumber daya manusia yang mempunyai keahlian di bidang internet marketing di bidang SEO. Selain itu kita sendiri juga harus menguasai berbagai hal yang berkaitan dengan SEO. Untuk itulah kita bisa belajar terlebih dahulu dengan memanfaatkan media youtube atau blog yang membahas materi seputar SEO.

Namun bila ingin memperoleh ilmu SEO profesional kita bisa mengikuti berbagai pelatihan atau kursus SEO berbayar. Saat ini banyak sekali lembaga atau tempat yang menawarkan pembelajaran seputar SEO. Untuk biayanya sendiri berbeda-beda tergantung tempatnya, namun kita tetap bisa mencari yang harganya terjangkau.

  • Website Company Profile

Website ini nantinya akan kita gunakan untuk menawarkan dan mempromosikan layanan Jasa SEO secara online.

  • Server VPS. Hosting atau Server adalah suatu rumah untuk seluruh bisnis. hal satu ini sangat direkomendasikan bagi semua client SEO untuk memakai layanan server milik kita. Tujuannya supaya lebih mudah dalam proses management, Optimasi dan maintenance.

Tahap Kedua

Setelah kita selesai menyiapkan berbagai hal pada tahap pertama, kita bisa melanjutkan untukĀ  tahap kedua dengan menyiapkan beberapa hal berikut:

  • Jaringan Internet

Pastikan jaringan internet yang kita gunakan benar-benar cepat dan stabil. Jaringan internet adalah hal yang vital dan utama dalam kelancaran usaha layanan jasa SEO. Hal ini karena seluruh kegiatan akan memerlukan koneksi internet. Namun jika lokasi kita memang tidak mendukung, maka ada 2 solusi yang bisa dilakukan yaitu:

  • Berhentilah jangan pernah melanjutkan untuk membuka bisnis layanan jasa SEO
  • Tetap mulai membangun bisnis layanan jasa SEO tapi kita harus bersedia pindah ke lokasi atau tempat yang mampu mendukung koneksi internet yang lancar dan stabil.

Tahap Ketiga

Tahap ini merupakan tahap terakhir dari rangkaian persiapan mulai berbisnis jasa SEO. Adapun yang harus dipersiapkan adalah:

  • Hardware, komputer atau laptop yang kita gunakan harus mempunyai performa atau spesifikasi bagus. Selain itu siapkan juga modem dan berbagai perangkat internet lainnya
  • Software, kita harus menyiapkan SEO Dashboard yang sama dengan Google webmaster tool, keyword planner, keyword shitter, Serplab (digunakan untuk membuat laporan SEO dan juga tracking posisi halaman yang ada di Google), OS harus yang resmi dan original. Sebagai alternatif kita juga bisa menggunakan Linux jika laptop yang kita gunakan buka merk Macbook
  • Handphone kita wajib memiliki Whatsapp, email maupun aplikasi messenger kainnya
  • Media Sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter,Google Plus dan Linkedln. Selain untuk branding media ini juga berfungsi untuk promosi

Itulah beberapa tahap yang harus kita ketahui sebelum memutuskan mulai berbisnis layanan jasa SEO. Dengan mengetahui tahapan diatas diharapkan proses membangun bisnis jasa SEO bisa lebih mudah. Demikianlah pembahasan kali ini semoga bermanfaat.