4 Tips Penempatan Konten Ala Jasa Content Placement SEO Digital

  • 2 min read
  • Apr 02, 2021
Jasa Content Placement

Jasa content placement mengerti kebutuhan konsumen, menerapkan standar konten yang telah ditentukan, dan berpengalaman dalam hal tata letak konten. Bicara soal content placement, mungkin bukan perkara yang mudah karena masing-masing orang memiliki persepsi yang berbeda. Jika kita tidak kebingungan, mungkin saja yang lain merasa bingung dengan penempatan konten yang kita atur. Hal ini memang sesuatu yang alamiah, kita tidak bisa menyalahkan pengguna yang tidak mengerti tentang tata letak website kita.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya manusia memiliki persepsi yang sama terhadap sebuah website? Meskipun semua website yang ada di dunia memiliki desain yang berbeda, tetapi 1 orang bisa mengakses lebih dari 17 website tanpa merasa kebingungan. Ada sebuah prinsil yang dikenalkan oleh Jakob Nielson pada tahun 2006 yang melakukan studi tentang web, terutama perilaku seseorang yang mengakses situs. Ia melakukannya dengan melacak pergerakan mata orang-orang saat mengunjungi situs. Kesimpulannya, masing-masing peserta penelitian memiliki pola pergerakan mata yang menyerupai huruf F.

Jika mereka tidak menemukan informasi yang dibutuhkan, biasanya mereka akan mencari bagian ‘search’ untuk mengetik kata kunci. Jika tidak ada informasi yang ditemukan, visitor akan meninggalkan situs dan mencari informasi ke website lain. Nyaris semua orang melakukan hal yang sama ketika mengunjungi situs web, mereka akan mencari informasi secepat mungkin tanpa menghabiskan banyak waktu dan energi. Secara tidak sadar, pola pencarian informasi mereka membentuk huruf F. Secara spontan visitor web akan scroll mouse mereka ke bawah dan kembali ke atas, kemudian melihat sisi kanan atas. Hal itu secara spontan dilakukan secara berkali-kali. Bagian lainnya mungkin akan dilihat, tetapi pola tersebut adalah cara pertama yang mendominasi ‘bagaimana cara mereka mencari informasi saat mengunjungi situs?’

Beberapa situs web yang telah memutuskan untuk menempatkan informasi penting di bagian kiri. Sehingga pemilik situs mungkin bertanya-tanya “mengapa bagian tersebut tidak menerima jumlah klik yang banyak?”. Agar situs web dapat memperbaikinya, mereka perlu menyadari tatapan berbentuk F dan merencanakan konten mereka sesuai dengan pola perilaku visitor.

Berikut kami sampaikan 4 tips untuk memastikan konten penting di situs Anda terbaca oleh visitor sejak awal pertama membuka web:

  • Pastikan situs web dirancang agar menarik perhatian mereka dan tidak terlalu banyak menginput teks. Sertakan beberapa gambar dan ruang kosong agar pembaca bisa dengan nyaman mengakses website. Jika semua informasi ditampilkan ke dalam web, percaya atau tidak hal itu akan membuat pembaca merasa berat. Teknik tata sunting yang baik akan membuat pembaca semakin nyaman berada di situs Anda.
  • Tempatkan konten yang ingin menjadi sorotan di sisi kiri atas situs web, mengingat visitor memiliki pola F maka lebih baik mencantumkan informasi penting ke area tersebut.
  • Sudut kanan bawah kosong tidak masalah, atau lebih baik isi dengan iklan. Maka jangan heran jika Anda sering melihat iklan pada sisi kanan bawah, karena memang banyak orang yang tidak melihat bagian itu pada 30 detik pertama.

Jika sudah menata website sesuai tips yang telah kami berikan, tak ada salahnya untuk menguji seberapa layak tata sunting yang sudah Anda atur. Lakukan beberapa pengujian pengguna sebelum mengenalkannya ke publik. Lakukan evaluasi dan catat konten yang dilihat oleh audiens saat 30-60 detik pertama. Paling tidak dari cara ini Anda bisa mengetahui arah pandangan matanya. Jika perlu dirubah, lakukan perubahan sebisa mungkin agar situs anda lebih friendly bagi pengunjung.

Menaruh konten pada posisis yang tepat saja tidak cukup untuk menghidupkan situs Anda. Ada langkah-langkah lain yang bisa menstabilkan pengunjung dari sisi desain dan warna. Tidak banyak yang mengerti tentang prinsip-prinsip desain website, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut jasa content placement adalah cara yang tepat untuk mengetahui hal ini. Anda mungkin tidak memiliki perangkat evaluasi untuk mencari tahu perilaku visitor, tetapi jasa content placement yang baik biasanya memiliki perangkat ini untuk memfasilitasi pengembangan website Anda di kemudian hari.