Ginjal pada dasarnya merupakan organ tubuh manusia yang memiliki peran tak kalah penting dibandingkan dengan jantung. Ia merupakan organ yang digunakan untuk menyaring darah kemudian mengeluarkan zat-zat sisa yang tidak di butuhkan oleh tubuh dalam bentuk urine, salah satu bagian dari organ ekskresi. Hanya saja tidak bisa dipungkiri meskipun keberadaannya ada 2 buah, namun sering kali banyak diantara masyarakat dengan pola hidup buruk merusak organ ginjal mereka secara perlahan, sehingga menyebabkan mereka mengalami kondisi yang dinamakan sebagai gagal ginjal.

Gagal ginjal ini membuat organ penyaring darah tersebut tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya, sehingga mengharuskan mereka untuk melakukan kegiatan rutin yaitu cuci darah untuk menyaring antara zat sisa dan juga darah sehingga tubuh tetap sehat atau menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Mulai dari sekarang biasakan diri Anda untuk hidup sehat khususnya agar organ tubuh tersebut tetap melakukan fungsi sebagaimana mestinya.

Berikut ini diantaranya langkah-langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, yaitu:

  1. Pastikan untuk minum dalam jumlah yang cukup, banyak diantara masyarakat yang tidak senang minum air putih, padahal cairan ini memiliki fungsi yang sangat penting, diantaranya adalah untuk membantu membersihkan zat-zat bersifat racun yang ada di dalam ginjal. Juga dipakai untuk meringankan kinerja dari ginjal, sehingga tidak terlalu di forsir dalam bekerja karena kondisi darah yang terlalu kental. Paling tidak konsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari.
  2. Menjaga pola makan, kerusakan organ ginjal juga bisa terjadi karena masalah kesehatan yang lain, seperti diantaranya adalah jantung, kemudian juga penyakit diabetes melitus. Penyakit-penyakit berbahaya semacam ini bisa menjangkiti manusia dikarenakan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu mulai dari sekarang ada baiknya untuk mengubah pola makan, mulai menguras asupan makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan lemak, kemudian perbanyak dengan konsumsi buah maupun sayuran.
  3. Rutin dalam berolahraga, bagaimanapun aktivitas fisik atau olahraga ini memang memiliki peran yang penting bagi tubuh, selain berguna untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, maka bagus untuk menjaga berat badan sehingga nantinya tetap ideal. Hal ini berguna dalam menjaga tekanan darah agar tetap terkontrol. Juga menyehatkan organ jantung, pastikan setidaknya melakukan olahraga dengan durasi 4 jam seminggu.
  4. Pastikan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi vitamin maupun obat herbal, diantaranya adalah dengan melihat jumlah ataupun takarannya jangan berlebihan. Karena obat-obatan maupun vitamin yang jumlahnya terlalu berlebih nantinya tetap akan dibuang oleh tubuh, melalui penyaringan dari ginjal. Semakin tinggi jumlah dosisnya tentu akan semakin memperberat kinerja dari organ tubuh tersebut. Sehingga sesuaikan dengan aturan yang berlaku.
  5. Hentikan kebiasaan merokok dan juga mengkonsumsi alkohol, kedua senyawa ini nyatanya memang memiliki efek yang kurang bagus bagi tubuh. Karena seperti sebuah racun yang dapat menghambat aliran darah , sehingga beresiko menyebabkan terjadinya hipertensi, hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja dari ginjal. Untuk itu pastikan mengurangi atau akan jauh lebih baik berhenti mengkonsumsi kedua bahan di atas.

Pastikan juga bahwa Anda rutin dalam menjalani pemeriksaan ginjal, apalagi untuk mereka yang sudah memiliki gejala penyakit diabetes maupun hipertensi, karena masalah kesehatan tersebut memang sangat mempengaruhi kinerja organ penyaringan. Sangat mudah bukan jaga kesehatan ginjal agar tetap sehat, terapkan setiap hari.