5 Tips Memilih Suplemen untuk Anak yang Tepat

  • 2 min read
  • Nov 09, 2020
Suplemen untuk Anak

Pemberian suplemen untuk anak dipercaya menunjang tumbuh kembang anak dan meningkatkan kecerdasannya. Alasannya karena anak-anak dominan susah makan atau mengkonsumsi makanan sehat, tak heran orang tua memberikan suplemen agar nafsu makan meningkat.

Selain itu website tersebut menyajikan beragam informasi penting. Baik kesehatan maupun hal lainnya, dengan begitu Anda tepat memilih suplemen untuk anak. Pasalnya setiap anak memiliki imunitas dan sebagian anak memiliki riwayat alergi.

Tips Memilih Suplemen untuk Anak

Memilih suplemen anak tak boleh asal lantaran mengikuti trend atau jejak orang lain. Bisa saja setiap anak membutuhkan nutrisi suplemen yang berbeda, diperlukan kejelian sehingga buah hati mendapat manfaatnya. Berikut ada tips memilih suplemen yang tepat untuk anak, antara lain:

  1. Memahami Keterangan Isi Produk

Sebelum memberikan vitamin pada anak, pastikan mengetahui keterangan isi produk pada kemasan. Ketahui apa saja kandungannya, dosis, efek samping, dan kondisi apa saja yang tidak boleh mengkonsumsi suplemen tersebut. Tujuannya agar Anda mengetahui apakah buah hati akan mendapatkan nutrisi dari suplemen tersebut atau tidak.

Jika kandungan nutrisinya dibutuhkan anak anda, Anda bisa memilihnya. Pilih rasa yang disukai buah hati agar mereka bersedia mengkonsumsi, tetapi jika nutrisinya tak dibutuhkan buah hati sebaiknya tidak membeli. Pilihlah vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan sehingga imunitasnya terjaga.

  1. Periksa Tanggal Kadaluarsa

Poin ini sangat penting sehingga harus dilakukan, jangan sampai lalai memeriksa tanggal kadaluarsa. Hal tersebut sangat membahayakan kesehatan buah hati, periksa tanggal kadaluarsa sebelum membawa pulang suplemen.

Disarankan membeli suplemen yang tanggal kadaluarsanya masih jauh sehingga aman dikonsumsi anak. Walaupun membeli secara online, saat paket diterima periksa terlebih dahulu tanggal kadaluarsa sehingga tidak membahayakan buah hati.

  1. Sesuaikan Kondisi Kesehatan Anak

Terkadang, saat anak tengah sakit diperlukan suplemen dengan dosis lebih besar sehingga waktu kesembuhannya lebih cepat. Tetapi ada suplemen yang tak cocok dikonsumsi tatkala anak sakit, sebagai orang tua harus jeli memilih suplemen yang sesuai dengan kesehatan anak.

Jika Anda awam, tanyakan pada Apoteker mengenai suplemen yang cocok untuk anak anda. Dengan begitu tak memicu keresahan atau memperburuk kesehatan anak, jangan sampai suplemen yang dibeli memberikan efek samping berat pada buah hati.

  1. Konsultasikan dengan Dokter

Orang tua tentu harus jeli pada kesehatan anak. Untuk itulah wajib konsultasi dengan dokter perihal suplemen anak, dengan begitu dokter akan memberikan saran tepat suplemen yang cocok untuk anak anda. Dijamin tak menimbulkan efek samping dan gangguan kesehatan.

Jika anak usia 2 tahun, pilihlah vitamin untuk anak 2 tahun yang susah makan. Dengan begitu nafsu makan meningkat, bahkan pemberian vitamin anak untuk otak bisa dikonsultasikan dengan dokter.

  1. Memperhatikan Efek Samping yang Ditimbulkan

Efek samping jarang terjadi pada anak yang mengkonsumsi suplemen, tetapi menjadi tips penting memilih suplemen yang tepat. Pasalnya ada suplemen yang rasanya terlalu asam atau terdapat kandungan yang tak cocok untuk kesehatan anak anda, jika dibiarkan malah menghambat tumbuh kembangnya.

Tak perlu bingung mengetahui efek samping suplemen. Anda bisa membaca efek samping pada kemasan atau secarik kertas yang ada di dalam kemasan. Umumnya memberikan informasi mengenai dosis yang tepat, jarak pemberian suplemen, efek samping dan hal lainnya.

Pemilihan suplemen untuk anak yang tepat membantu tumbuh kembang dan kecerdasan anak optimal. Diperlukan kejelian orang tua memilih vitamin yang tepat, jadikan Pickybest Indonesia sumber informasi terpercaya sehingga Anda tak ragu menjaga kesehatan buah hati. Dapatkan rekomendasi produk dan harga supelemen untuk anak di Pickybest Indonesia. Harga vitamin anak terjangkau sehingga semua orang bisa membelinya.