7 Tips Merawat iPhone Lawas Agar Tetap Awet

  • 3 min read
  • Jul 22, 2021
Tips Merawat iPhone

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak pengguna iPhone yang terbilang loyal pada produk Apple dibandingkan pengguna Android. Mereka biasanya disebut Apple fanboy dan fangirl yang selalu update produk iPhone terbaru maupun setia dengan iPhonenya mesti sudah berumur sangat tua. Contohnya saja iPhone 5s yang sudah dirilis sejak 2013 atau sekitar 8 tahun lalu.

Sama seperti perangkat smartphone pada umumnya, pemilik iPhone pun harus merawat smartphonenya tersebut dengan baik agar tetap berfungsi dengan baik meskipun sudah tidak mendapat update iOS maupun patch keamanan lagi.

Jika Anda masih betah memiliki iPhone lawas, berikut ini ada 5 tips merawat iPhone tersebut agar tetap bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

  1. Gunakan kabel charger asli

Masalah utama yang paling sering ditemui pengguna iPhone lawas maupun keluaran baru adalah baterainya yang cepat habis. Ada banyak hal yang menyebabkan baterai iPhone cepat habis, termasuk lifetime baterai.

Jika iPhone yang Anda miliki termasuk keluaran lama, bisa dipastikan jika lifetime baterainya sudah berkurang sehingga wajar jika sering cepat habis. Namun Anda bisa mengakalinya dengan hanya menggunakan charger asli bawaan iPhone tersebut. Jangan menggunakan kabel charger kw selain keluaran Apple karena ada perbedaan daya yang akan memangkas umur baterai Anda lebih cepat lagi.

Ingat, harga baterai baru iPhone itu tidaklah murah. Apalagi jika model lama yang mungkin stok baterai originalnya menipis. Jadi hanya pakai charger bawaan ya!

  1. Charger iPhone Anda sebelum 10%

Jika Anda terbiasa baru mengisi baterai iPhone saat indicator baterainya menunjukkan angka di bawah 10% maka alamat baterai iPhone Anda akan cepat rusak. Ada baiknya mulai saat ini segera charge iPhone Anda jika baterainya berada di angka 20-30 persen untuk memperpanjang waktu pakai baterai di iPhone Anda.

  1. Cabut charger jika sudah 100 persen

Banyak orang yang kadang lupa menarik charger saat iPhone-nya sudah terisi penuh yang ditandai hilangnya logo petir (lightning) yang menandakan proses charging.

Hal ini jika dilakukan sekali dua kali tentu tak masalah. Namun jika terlalu sering atau bahkan mencabutnya saat belum terisi penuh, maka baterai iPhone Anda akan mudah bermasalah.

  1. Ganti screen protector jika sudah crack

Layar iPhone memang tergolong kuat terhadap goresan meski tidak dilapisi Corning Gorilla Glass yang sering ada di hp Android. Namun bukan berarti perlindungan tambahan dari screen protector tidak dibutuhkan.

Anda bisa melapisi layar iPhone Anda dengan tempered glass untuk melindungi bagian layarnya dari goresan. Dan jika tempered glass atau anti gores tersebut sudah terkelupas atau malah retak, segera ganti yang baru agar tidak merusak layar iPhone yang sebenarnya.

  1. Pakaikan case yang kokoh

Case iPhone memang banyak jenis dan juga desainnya. Ada yang lucu-lucu, ada pula yang macho. Nah, dalam memilih case untuk iPhone Anda, pilihlah yang terbuat dari bahan yang kokoh dan aman sehingga jika iPhone tak sengaja terjatuh tidak akan sampai membuatnya retak.

Case yang baik juga penting untuk melindungi iPhone Anda dari debu dan kotoran serta kemungkinan lecet. Jadi jangan mencari case yang lucu saja, tapi perhatikan juga bahan pembuatnya agar iPhone Anda aman.

  1. Pakai Assistive Touch

Tombol Home di iPhone merupakan tombol krusial yang ada di hampir semua model  iPhone, kecuali yang keluaran terbaru. Tombol ini mudah sekali rusak karena mengingat fungsinya yang sering ditekan. Nah untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan assistive touch untuk menggantikan tombol home, mengambil screenshot, Siri dan sebagainya.

Cara mengaktifkan Assistive Touch ini pun sangat mudah. Buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh, lalu pilih AssistiveTouch untuk mengaktifkannya. Bisa juga dengan bantuan Siri untuk menyalakan Assistive Touch.

  1. Gulung kabel iPhone Anda dengan benar

Untuk memastikan proses charging baterai iPhone Anda maksimal, Anda pun harus merawat kabel charger iPhone dengan benar. Sebab jika asal-asalan bisa merusak komponen kabel yang ada di dalamnya sehingga bisa merusak charger dan membuatnya tak bisa mengisi baterai dengan sempurna.

Selain itu saat menariknya dari iPhone jangan terlalu kasar. Pegang bagian kotak USB-nya bukan pada kabelnya agar kabel charger iPhone Anda juga sama awetnya dengan iPhone yang Anda pakai.

Nah itulah tadi tips mengenai cara merawat iPhone keluaran lama. Tips-tips di atas juga masih bisa diaplikasikan pada iPhone model terbaru lho! Jika Anda mencari aksesoris iPhone 5s original maupun casing baru atau bahkan aksesoris untuk model lain, Anda bisa buka situs Blibli.com dan menemukan kebutuhan untuk iPhone Anda dengan mudah. Tinggal pilih mana yang disukai, lalu pesan dan tunggu barang dikirim ke rumah. Mudah sekali bukan?