Alat Kesehatan Home Care dan Contohnya

  • 2 min read
  • Dec 23, 2020
Alat Kesehatan Home Care

Selain di rumah sakit, klinik dan pusat layanan medis lainnya, alat kesehatan juga sebenarnya bisa kita gunakan di rumah. Sebagian dari anda mungkin akan bertanya ? Alat kesehatan seperti apa dan apa fungsinya. Setelah membaca artikel ini anda akan lebih memahami pentingnya ketersediaan beberapa macam alat kesehatan di rumah, yang disebut dengan alat kesehatan home care.

Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat dan tingginya nilai kesadaran masyarakat pada kesehatan memunculkan paradigma baru dalam penggunaan alat kesehatan di rumah – rumah atau home care. Ide ini muncul atau bermula dari penggunaan alat medis yang sederhana di rumah dan membawa manfaat yang cukup baik. Selain itu juga karena memang seseorang telah mengalami gangguan penyakit yang tidak akan hilang dari dirinya. Dia merasa sadar dan berusaha untuk menjaganya. Akhirnya dia memutuskan untuk membeli sebuah alat yang dapat digunakan untuk kesehariannya.

Contoh Alat Kesehatan Home Care

Oke, tidak perlu panjang lebar, untuk mengenal lebih banyak tentang alat kesehatan home care ini. Berikut ini beberapa item atau macam alat kesehatan yang bisa anda jadikan sebagai medical home care di rumah anda.

1# – Termometer

Untuk alat yang satu ini kita tidak perlu membahas panjang lebar mengenai pengertianny. Karena saya yakin semua yang sedang membaca artikel ini mengetahui dan mengenal betul apa itu Termometer. Ya, Termometer merupakan alat pengukur suhu. Ada banyak jenis termometer, dan yang dimaksudkan di sini sebagai alat kesehatan home care adalah termometer badan yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Ketika keluarga kita demam, kita dapat memberikan perawatan terbaik sesuai dengan suhu tubuhnya. Dan apabila demam tidak turun dalam waktu 3 hari. Kita bisa segera membawanya ke dokter secepatnya.

2# – Tensimeter

Untuk anda yang sudah menginjak usia 40 tahun, terlebih lagi memiliki Riwayat genetis penyakit darah tinggi (hipertensi) lebih baik menyiapkan alat ini dirumah. Tensimeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Dengan adanya alat ini dirumah, tentu saja kita bisa melakukan cek tensi setiap hari. Hal ini akan sangat baik sekali untuk kewaspadaan kita. Ketika tensi kita tinggi, maka kita bisa mulai melakukan langkah – langkah antisiasi. Dan segera mengunjungi dokter untuk meminta pengobatan. Tentu akan sangat bermanfaat sekali.

3# – Alat Cek Darah GCU

Sekarang marak sekali alat – alat medis canggih dengan desain yang portable. Kita tidak akan membahas keakuratan dari data yang dihasilkan oleh alat ini namun setidaknya, alat ini dapat kita jadikan kontrol awal sebelum kita datang ke dokter untuk meminta pengobatan lebih lanjut. Alat GCU merupakan alat cek gula darah, kolesterol dan asam urat dalam satu alat. Anda yang memiliki Riwayat gula darah tinggi atau kolesterol dan juga asam urat bisa mempertimbangkan untuk membeli alat ini. Anda bisa cek gula darah anda setiap saat tanpa perlu ke dokter. Dengan demikian, anda juga bisa melakukan beragai upaya pencegahan atau menurunkannya sebelum datang ke dokter.

Tentunya masih sangat banyak sekali alat – alat yang termasuk dalam medical home care  yang bisa kita gunakan untuk menjaga dan memelihara kesehatan diri dan keluarga di rumah. Anda bisa datang ke toko atau distributor alat kesehatan terdekat untuk mencari tahu sebanyak – banyaknya terkait dengan alat apa saja yang bisa anda gunakan di rumah sekaligus harganya. Sekian, semoga bermanfaat!