Aneka Jajanan Pasar

  • 2 min read
  • Aug 11, 2021
Aneka Jajanan Pasar

Ketika pergi ke pasar tradisional tentu ada banyak penjual yang menjual berbagai keperluan dapur dan yang lainnya. Dengan itu, banyak sekali ibu-ibu yang berbondong-bondong untuk pergi ke pasar demi membeli berbagai keperluannya. Tidak ketinggalan juga di pasar juga ada berbagai jenis makanan. Makanan yang ada di paasr ini tentu sangat beraneka ragam dan juga memiliki jenis yang berbeda.

Berikut ini ada beberapa jenis jajanan yang dapat kamu pilih dan tersedia di berbagai pasar. Seluruh jajanan ini memang banyak disukai mulai dari orang dewasa hingga anak kecil. Selain itu, jajanan ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau sehingga mampu dibeli oleh banyak orang.

Risol

Risol merupakan jenis jajanan pasar yang sering ditemui dan juga terbuat dari campuran adonan tepung yang di dadar dan terdiri dari lapisan kulit. Setelah itu, kulit ini di isi dengan bahan isian, lalu di gulung dan  dan dilapisi dengan tepung roti sebelum akhirnya di goreng. Untuk rasanya sendiri ada tiga varian seperti risol mayo, risol sayuran, dan juga risol daging.

Lumpia

Makanan satu ini memang banyak dijual di pasar tradisional dan awal dari makanan ini berasal dari Semarang. Kue satu ini merupakan perpaduan antara makanan Indonesia dan Tionghoa yang dapat ditemui di berbagai pasar hingga sekarang ini.

Lumpia ini juga tidak ada beda dengan makanan sebelum yaitu terdiri dari kulit dan ada isiannya di dalam. Untuk bentuknya sendiri ada dua macam yaitu lumpia basah dan lumpia kering.

Tahu Goreng

Jenis makanan satu ini memang berbeda dengan makanan yang ada sebelumnya. Untuk proses pembuatannya yaitu tahu ini dicelupkan ke adonan tepung yang cair, lalu di goreng dengan garing.

Untuk tahu ini sebenarnya ada beberapa sebutan di berbagai daerah seperti tahu isi, tahu susu, tahu isi dan yang lainnya. Dari terkenalnya tahu ini hampir semua orang tidak ada yang tidak mengenal gorengan satu ini.

Bakwan

Untuk gorengan satu ini punya sebutan lain dari berbagai daerah dimana ada yang menyebutnya ote-ote. Selain dari nama itu ada juga yang menyebutnya bikang, weci dan yang lainnya. Bentuk dari makanan satu ini memang memiliki ciri khas tersendiri yaitu bentuknya tidak beraturan.  Untuk bakwan ini memang sangat enak untuk dinikmati ketika pagi hari atau siang dengan cabai rawit yang pedas.

Klepon

Makanan satu ini mungkin bisa dilihat dari di berbagai pasar tradisional dan juga banyak dijajakan. Ciri khas dari kue yang manis ini berwarna hijau dan juga ada campuran parut kelapanya.

Kue Talam

Selain dari klepon ada juga kue talam yang juga banyak dijual di pasar tradisional. Kue satu ini terbuat dari bahan dasar tepung, tetapi kadang dicampur dengan ubi atau jagung sebagai pelengkapnya. Kue satu ini juga tidak kalah enaknya dengan kue-kue lainnya baik pagi atau siang hari.

Bolu Kukus

Kue satu ini memang berbeda dari kue lain dari sisi bentuknya yang sangat cantik seperti kalanya bunga. Selain itu, kue satu ini juga memiliki bahan dasar dari tepung terigu dan dicampur dengan bahan lainnya. Ada banyak sekali resep bolu kukus yang bisa kamu lihat di internet.

Itulah beberapa kue atau jajanan pasar yang bisa kamu nikmati ketika datang ke pasar tradisional. Sebenarnya ada banyak lagi kue selain yang disebutkan di atas yang tentunya memiliki rasa yang sangat enak.