Apa Itu Penyakit Leukimia? Bagaimana Pengobatannya?

  • 2 min read
  • Aug 12, 2020
Apa Itu Penyakit Leukimia Bagaimana Pengobatannya

Apa itu penyakit leukimia? Seringkali, masih banyak ditemukan masyarakat yang belum tahu dan sadar akan kehadiran penyakit ini. Padahal, leukimia menjadi salah satu penyakit yang sangat membahayakan dan bisa mengancam jiwa. Apalagi, penyerangannya pun tidak terbatas usia, meskipun lebih dominan menyerang anak-anak. Apalagi dengan gejalanya yang kadang mirip dengan gejala lain membuat penyakit ini sulit di deteksi.

Pengertian Leukimia

Lebih tepatnya adalah leukemia, merupakan salah satu kanker berbahaya yang menyerang sel darah di dalam tubuh manusia. Kondisi ini terjadi ketika tubuh terlalu aktif dalam memproduksi sel darah putih atau leukosit. Sayangnya, leukosit yang diproduksi masih abnormal dan belum matang sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Hal itu pun bisa menyebabkan pengurangan jumlah sel darah merah yang tentunya berbahaya bagi tubuh.

Dari pengertian apa itu penyakit leukimia, bisa diketahui bahwa sel darah putih sangat berperan dalam masalah imunitas tubuh. Pasalnya, ketika tubuh diserang oleh antigen asing atau terkena infeksi, maka sel darah putih inilah yang bertugas untuk melawannya. Baik sel darah merah atau putih, keduanya diproduksi oleh sumsum tulang. Adanya abnormalitas yang terjadi pada darah, bisa menganggu efektifitas tubuh. Maka dari itu, penting sekali untuk masyarakat mengetahui apa itu penyakit leukimia.

Gejala Penyakit

Pada dasarnya, setiap penyakit pasti punya gejala klinis yang menandakan adanya sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh. Meskipun gejala penyakit seringkali salah diartikan, namun ketika Anda mengalami gejala berikut secara tiba-tiba, wajib dikonsultasikan pada dokter. Gejala apa sajakah itu?

  1. Sering terkena infeksi yang menyebabkan tubuh demam hingga menggigil
  2. Tubuh sering merasakan lelah berlebihan meskipun tidak berkegiatan berat
  3. Berat badan menjadi turun drastis dan kesulitan untuk makan
  4. Ditemukan gejala anemia berat
  5. Adanya bintik merah dan memar-memar di kulit
  6. Terjadi pendarahan seperti mimisan
  7. Beberapa kelenjar getah bening mengalami pembengkakan seperti di lehar, lengan, atau selangkangan
  8. Perut menjadi tidak nyaman karena pembengkakan di hati, ginjal hingga limpa
  9. Gejala lainnya pun bisa berupa sakit kepala, nyeri sendi dan tulang, hingga kejang dan hilang kesadaran

Pengobatan Leukimia

Mengetahui apa itu penyakit leukimia dan bagaimana gejalanya sangatlah penting. Hal ini agar Anda bisa lebih waspada serta tahu kapan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter. Pada dasarnya, gejala tersebut adalah gejala umum dan spesifik yang banyak dirasakan oleh penderitanya. Namun, leukimia tidak bisa didiagnosis tanpa melakukan pengecekan lebih lanjut misalnya dengan tes darah atau melakukan biopsi sumsum tulang.

Itulah mengapa, saat Anda mengalami hampir semua gejala tersebut, terlebih dirasakan secara terus menurus, maka segeralah hubungi dokter. Lantas, jika sudah terdiagnosis kanker darah, pengobatan apa yang biasanya dilakukan?

Pada dasarnya, pengobatan leukimia tidaklah mudah. Perlu serangkaian proses yang tidak sebentar. Bahkan untuk mendiagnosisnya pun perlu waktu yang panjang dan tidak bisa sembarangan. Namun, jika ternyata seseorang sudah didiagnosis leukimia, maka pengobatan pertama yang dilakukan adalah terus berkonsultasi.

Biasanya dokter akan memberikan serangkaian tes dan obat. Pengobatan yang paling familiar dilakukan adalah kemoterapi di mana penderitanya akan diberikan obat yang bisa membunuh sel kanker. Obat yang diberikan pun bisa berupa tablet minum atau disuntikan ke bagian tubuh tertentu. Pengobatan lainnya adalah dengan terapi imun untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terapi target untuk menghmbat pertumbuhan produksi protein yang digunakan sel leukimia untuk berkembang biak, hingga radioterapi bahkan transplantasi sumsum tulang.

Beberapa kasus pun ada yang menjalani  operasi pengangkatan limpa yang membengkak karena penumpukan sel kanker di dalamnya. Dengan mengetahui apa itu penyakit leukimia dan betapa berbahaya serta mengerikannya, maka sebaiknya Anda lebih waspada. Hindari hal-hal yang bisa memicunya dan pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter ketika merasakan gejala aneh pada tubuh.