Layaknya bisnis-bisnis lainnya, bisnis pulsa pun menjanjikan keuntungan yang cukup besar apabila dilakukan dengan benar dan bersungguh-sungguh. Meskipun terkesan sepele, namun bisnis pulsa tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Apabila memang tujuan Anda adalah untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya, maka perlu untuk menjaga mutu usaha Anda. Bagi Anda bertanya tanya apakah bisnis pulsa menguntungkan, setidaknya ada lima alasan mengapa bisnis pulsa itu menguntungkan.

Mungkin Anda takut untuk memulai suatu bisnis pulsa karena ragu soal modal. Namun untuk mendirikan bisnis pulsa tidak diperlukan modal yang terlalu besar. Sebab, Anda tidak perlu membeli barang barang modal yang terlalu mahal.

Dalam memulai bisnis pulsa murah, barang yang paling Anda butuhkan adalah handphone. Handphone akan sangat berguna apabila Anda ingin berjualan pulsa elektrik. Namun kalau Anda hanya ingin menjual pulsa berupa voucher, maka handphone tidak terlalu penting.

Sebelum berbicara lebih jauh, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan antara pulsa elektrik dan pulsa voucher. Pulsa elektrik tidak membutuhkan voucher secara fisik, yang hanya dikeluarkan oleh provider kartu SIM saja. Sedangkan pulsa voucher selalu membutuhkan voucher secara fisik karena terdapat kode unik yang harus dimasukkan ketika sedang melakukan pengisian pulsa.

Mengingat zaman semakin maju dan pola pikir masyarakat yang semakin praktis, pulsa voucher mulai ditinggalkan. Selain tidak berguna, pulsa voucher tidak lagi efisien bagi pengguna. Sebab mereka harus melakukan pengisian pulsa secara manual.

Sedangkan pulsa elektrik sangat efisien karena saldo pulsa mereka akan langsung terisi setelah transaksi usai. Oleh karena itu, memang sebaiknya Anda hanya fokus pada penjualan pulsa elektrik dan kartu SIM perdana saja.

Konsekuensi dari berjualan pulsa elektrik adalah Anda harus menyediakan handphone sebagai alat operasional. Bagi bisnis pulsa, handphone dapat diibaratkan seperti bus bagi perusahaan transportasi. Handphone sangat berguna dalam bisnis ini karena Anda perlu mengirimkan jumlah pulsa yang ingin dibeli dan nomor tujuan kepada dealer pulsa. Dealer pulsa sendiri adalah induk di mana Anda memesan pulsa. Jadi, apabila Anda ingin memulai bisnis pulsa, harus mencari dealer pulsa terlebih dahulu.

Apakah Bisnis Pulsa Menguntungkan Bagi Kita?

  • Anda bisa mempelajarinya dengan mudah

Bisnis pulsa bukanlah bisnis yang rumit layaknya bisnis lainnya. Namun bisnis pulsa tetap memerlukan ketekunan. Dalam memulainya, Anda tidak perlu menguasai keilmuan khusus, apalagi gelar khusus. Gelar ilmu teknologi misalnya. Ilmu yang Anda perlukan pun semuanya bisa diakses dengan mudah. Jadi, Anda tidak perlu modal besar untuk meningkatkan kompetensi terlebih dahulu.

Dalam memulai bisnis pulsa, Anda bisa menemukan berbagai ilmu yang dibutuhkan hanya dengan mencari informasinya di internet, atau bertanya kepada orang yang sudah terjun terlebih dahulu dalam bisnis pulsa. Jadi, kualitas terpenting yang harus Anda miliki adalah keinginan untuk belajar dan tekun mengembangkan usaha.

  • Ada cara-cara untuk menekan pengeluaran

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, bisnis pulsa tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Apabila Anda ingin memulai bisnis pulsa elektrik pun modal yang diperlukan hanya handphone agar bisa berhubungan dengan dealer pulsa Anda.

Penggunaan handphone dalam berjualan pulsa pun tidak lebih dari berkirim pesan saja. Jadi, tidak perlu Anda membeli handphone dengan spesifikasi tertinggi, handphone dengan layar terbaik, ataupun handphone dengan fitur mewah lainnya. Anda cukup membeli handphone yang fungsi utamanya adalah telepon dan SMS saja.

Mengapa demikian?

Sebab ada kemungkinan Anda harus memiliki lebih dari satu handphone. Apabila Anda menggunakan handphone dengan spesifikasi tertinggi, maka beban modal Anda pun akan terlampau tinggi.

Dalam memesan pulsa kepada dealer pulsa Anda, sudah pasti membutuhkan pulsa agar bisa mengirimkan pesan. Lucu memang, untuk bisnis pulsa harus mengeluarkan pulsa terlebih dahulu. Namun untuk saat ini, memang seperti itu sistem kerjanya. Mungkin juga Anda bisa menggunakan aplikasi berkirim pesan via internet seperti WhatsApp atau LINE, tetapi untuk mengaksesnya pun Anda membutuhkan pulsa.