Aturan yang Harus Anda Tahu Jika Ingin Kirim Paket ke Malaysia

  • 2 min read
  • Jan 25, 2021
Aturan yang Harus Anda Tahu Jika Ingin Kirim Paket ke Malaysia
Table Of Content [ Close ]

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kirim paket ke Malaysia tidak sesulit yang mereka bayangkan. Hanya saja memang ada aturan-aturan yang harus ditepati. Pada postingan ini kami akan menginformasikan kepada Anda tentang fakta dan aturan tentang mengirimkan paket ke Negri Jiran.

Barang yang terkirim lewat PT Pos Indonesia, jika beratnya lebih dari 100 kilogram wajib membuat dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

Perusahaan Jasa Titipan (PJT) berhak membuatkan PEB jika seseorang atau badan usaha mempercayakan barangnya pada PJT yang berstatus badan usaha resmi. PJT bertindak sebagai eksportir dan harus menyerahkan lembar lanjutan yang lengkap kepada kantor pabean 7 hari setelah nomor pendaftaran.

Barang yang dikirim ke luar negeri yang tidak masuk barang ekspor, tidak perlu menunjukkan persetujuan pengeluaran barang ke luar negeri. Salah satu syaratnya harga barang tersebut tidak lebih dari 300 juta.

Pengeluaran Barang Kiriman ke Malaysia untuk kayu gergajian atau kayu olahan, hasil kerajinan, kayu lapis, dan industri kayu cendana harus mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku sesuai bidang tata niaga ekspor.

Selain kayu, barang seperti rotan lampit ke luar negeri harus sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku pada bidang tata niaga ekspor.

Barang kiriman ke luar negeri seperti kopi instan atau cair (soluble or liquid coffee sebanyak 23 kg); kopi gabah (parchment coffee sebanyak 75 kg); atau  kopi gongseng (roasted coffce sebanyak 50,4 kg); tidak perlu pengakuan sebagai Eksportir Terdaftar Kopi. Barang ini juga tidak perlu melengkapi Surat Keterangan Asal yang diberlakukan. Akan tetapi barang seperti bijih mineral, kelapa sawit, kulit, kayu, CFO dan turunannya wajib dikenakan bea cukai.

Benda-benda yang memiliki nilai sejarah/ kebudayaan yang dilindungi (barang purbakala) tidak boleh dikirim ke luar negeri.

Intinya pemerintah memiliki motivasi-motivasi tertentu untuk menentukan barang cukai atau bukan. Ketentuan pengiriman barang keluar Negri sangat ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Surat-surat yang harus dipenuhi juga akan mengukur seberapa besar kemampuan masyarakat Indonesia dalam mengekspor barang. Jika Anda pengusaha ekspor yang masih baru dalam hal ini, lebih baik percayakan barang ekspor Anda kepada kilo.id, karena perusahaan kami bukan hanya sekedar usaha kirim paket ke Malaysia. Kami bisa menjadi pihak ketiga yang membantu melengkapi dokumen (PTJ).

Pengiriman kami cepat dan mudah, bersedia menjemput barang Anda dari lokasi pengiriman.

Cara kerja pengiriman

Cukup hubungi cust service via aplikasi whats app ke link ini. Kemudian staf yang bertugas akan memperkirakan harga ongkos kirim. Pada tahap ini estimasi harga dapat berubah, karena dimensi barang juga menjadi pertimbangan.

Lakukan pembayaran. Berbagai metode pembayaran bisa Anda pilih sesuai ketentuan yang berlaku. Jika pembayaran berhasil Anda berhak mendapatkan bukti pembayaran.

Staff dari kilo.id akan mengurus dokumen yang diperlukan saat pengiriman barang.

Staff yang bertugas menjemput barang dari alamat pengirim.

Berat dan volume barang akan diukur untuk memastikan harga yang akurat. Pada tahap ini diharapkan pengirim barang menyediakan extra money agar proses pengiriman tidak terhambat.

Jika biaya pengiriman dan dokumen sudah lengkap, paket siap dikirim. Selama pengiriman paket, penerima dan pengirim berhak melacak letak barang selama perjalanan. Hanya dengan mengetik https://kilo.id/site/tracking-shipment kemudian input nomor shipping pada kolom yang tersedia, memilih kurir, dan klik tombol ‘track’. Riwayat pengiriman akan terlihat secara otomatis pada layar.