Bagaimana Cara Memilih Hosting Terbaik?

  • 2 min read
  • Jan 04, 2021
Cara Memilih Hosting Terbaik

Apakah Anda berencana meluncurkan situs web baru untuk diri sendiri atau bisnis Anda? Apakah Anda ingin memindahkan situs Anda ke host baru? Nah, memilih layanan web hosting bisa menjadi proses yang rumit. Meskipun menggunakan perusahaan yang tepat akan memberi Anda situs yang andal, berkinerja tinggi, dan dukungan 24 jam, terburu-buru menjalin kemitraan hosting dapat berdampak negatif pada sumber daya dan peringkat pencarian Anda, dan dalam jangka panjang, otoritas online Anda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk berhati-hati saat memilih web hosting untuk situs Anda. Dibawah ini merupakan kriteria hosting terbaik yang sekiranya dapat membantu Anda dalam memilih web hosting.

  1. Ketahui Kebutuhan Anda

Host yang tepat adalah yang memiliki platform dan alat yang Anda butuhkan untuk membangun situs web yang Anda inginkan. Jadi, mulailah dengan memahami apa yang Anda inginkan dari situs Anda. Apakah niat Anda untuk menulis blog? Apakah Anda ingin menjual produk secara online? Beberapa host menawarkan alat dan infrastruktur bangunan yang khusus untuk jenis situs web atau fungsi tertentu, dan tidak setiap platform akan berfungsi untuk Anda.

  1. Lakukan Riset Anda

Sedikit riset dapat membuat semua perbedaan antara kemitraan yang memuaskan dan membuat frustrasi dengan tuan rumah. Internet dipenuhi dengan artikel yang dapat membantu Anda membandingkan berbagai penyedia layanan hosting. Identifikasi yang memiliki ulasan terbaik dan buat daftar singkat tentang opsi teratas Anda. Ingat, tidak ada yang lebih banyak berbicara tentang perusahaan selain basis kliennya. Pilihan populer seperti Bluehost kemungkinan akan menjamin Anda hosting yang andal untuk jangka pendek dan panjang

  1. Bandingkan Faktor Penting

Dengan pilihan terbaik Anda di dalam tas, lanjutkan untuk membandingkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap tuan rumah, tergantung pada kebutuhan Anda. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan meliputi:

  • Penetapan harga

Jika Anda memulai situs web karena alasan pribadi atau kasual, layanan selang gratis mungkin sudah cukup. Untuk bisnis atau blog profesional, bagaimanapun, yang terbaik adalah memilih langganan berbayar.

Lihat semua paket yang ditawarkan dan pastikan Anda hanya membayar untuk fitur yang Anda perlukan. Selain itu, hati-hati dengan tarif pembaruan, serta biaya atau kewajiban lain yang mungkin tersembunyi dalam tulisan kecil.

  • Kebutuhan teknis

Host web yang Anda pilih harus memenuhi semua persyaratan situs Anda, seperti ruang, kecepatan, keandalan, bandwidth dan batas penggunaan, serta jumlah domain yang Anda perlukan.

  • Kegunaan

Menggunakan host yang menawarkan platform paling ramah pengguna akan membuat pengelolaan situs Anda, menavigasi melalui pengaturan dan memperbarui konten menjadi mudah dan bebas stres.

  • Keamanan

Pastikan untuk menggunakan host yang menawarkan perlindungan paling komprehensif terhadap pelanggaran keamanan. Jika Anda bermaksud untuk membuat situs e-niaga, misalnya, bermitra dengan perusahaan yang dapat menyediakan Secure Sockets Layer (SSL) untuk menjaga keamanan informasi pribadi pelanggan Anda.

  • Dukungan Pelanggan

Layanan klien yang tepat adalah pertimbangan penting saat memilih host. Sebelum mendaftar, tanyakan tentang ketersediaan host Anda dan saluran apa yang digunakan untuk mendapatkan bantuan sesegera mungkin. Tuan rumah yang ideal harus tersedia 24/7, dengan jalur komunikasi yang diatur dengan baik, baik itu telepon, email, atau obrolan online.

  1. Rencanakan Masa Depan

Jika menurut Anda bisnis Anda akan berkembang pesat atau situs web Anda akan menjadi jauh lebih populer di masa mendatang, pastikan Anda menggunakan host yang akan mampu meningkatkan skala tanpa mengorbankan pengalaman. Tuan rumah yang tepat akan memiliki ruang yang cukup untuk berkembang dengan membuat revisi yang diperlukan pada rencana Anda. Anda bisa melakukan upgrade ke paket hosting wordpress yang mana memiliki performa, memori, dan fitur keamanan yang lebih baik.

Kesimpulan

Menemukan hosting terbaik untuk situs web Anda bisa menjadi tantangan, tetapi itu sama pentingnya dengan mengembangkan situs yang berkualitas atau membuat konten yang hebat. Biarkan langkah-langkah di atas menjadi panduan Anda untuk memilih host yang sangat sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini dan di masa depan.