Cara Memilih Tukang Bangunan Rumah Di Bali yang Efektif

  • 2 min read
  • Dec 14, 2020
Tukang Bangunan Rumah Di Bali

Seringkali ditemui banyak proyek pembangunan terbengkalai begitu saja. Hal itu disebabkan karena banyak faktor, salah satunya salah dalam mencari pekerja yang tidak berkompeten. Untuk menghindari, penting bagi Anda mengetahui cara memilih tukang bangunan Bali yang efektif.

Langkah-langkah dalam Memilih Tukang Bangunan Rumah

Dalam pembangunan rumah, tukang merupakan komponen vital yang mempengaruhi proses tersebut dapat berjalan lancar dan hasil sesuai ekspektasi, atau malah sebaliknya. Tentunya mempertimbangkan hal itu, memilih pekerja tidak bisa sembarangan. Berikut ini ada cara-cara perlu dilakukan.

  1. Buatlah Daftar Pekerjaan

Hal pertama perlu Anda lakukan untuk dapat memilih tukang bangunan rumah di Bali yakni membuat daftar pekerjaan. List tersebut cukup penting, pasalnya sebagai dasar pertimbangan supaya mengetahui beban dan tingkat kesulitan.

Usahakan untuk membuat daftar serinci dan sedetail mungkin. Karena pada prinsipnya semakin ringan beban maka jumlah tukang juga lebih sedikit, begitupun juga sebaliknya. Namun apabila jumlah pekerjaan banyak, ada baiknya memakai jasa kontraktor bali.

  1. Tentukan Anggaran Dana

Setelah membuat daftar pekerjaan, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan yakni menentukan anggaran. Pasalnya, jumlah dana menjadi salah satu indikator penentu dan perlu diperhatikan. Karena tanpa adanya budget mencukupi, proses pengerjaan pembangunan rumah akan terkendala.

Dengan mengetahui jumlah anggaran yang dimiliki, Anda dapat memperhitungkan beban pekerjaan perlu ditambah atau dikurangi. Selain itu, rincian tersebut juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih sistem pembayaran tukang.

  1. Tentukan Jumlah Tukang Bangunan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, setelah mengantongi daftar pekerjaan dan rincian anggaran. Maka langkah berikutnya yakni menentukan jumlah tukang bangunan yang akan dipekerjakan. Dalam hal ini, Anda harus mengkombinasikan antara dua komponen tersebut.

Dalam menghitung kebutuhan tukang bangunan yang diperlukan, terdapat tiga cara bisa digunakan. Metode tersebut diantaranya yaitu menentukan durasi dan jumlah pekerja berdasarkan pengalaman, tingkat produktivitas dan rencana anggaran.

  1. Pilihlah Sistem Kerja Tukang Bangunan dan Sesuaikan dengan Budget

Setelah sebelumnya menentukan jumlah kebutuhan pekerja, berikutnya yang perlu Anda lakukan yakni memilih sistem kerja tukang, baik itu borongan maupun harian. Namun, pastikan dalam mengambil keputusan tersebut sesuaikan dengan rencana anggaran atau budget.

Sebagai pertimbangan, jika Anda tidak memiliki kendala soal dana dan menginginkan agar proses cepat selesai, lebih baik memakai sistem borongan. Namun, apabila ingin yang fleksibel karena budget terbatas, disarankan untuk memilih tukang bangunan Bali dengan model harian.

  1. Pilihlah Tukang Bangunan yang Kompeten

Hal lainnya yang perlu dilakukan yakni memilih tukang bangunan berkompeten. Dalam  tugas ini ada dua cara bisa Anda gunakan sebagai pedoman. Pertama, carilah pekerja yang memiliki keterampilan sesuai kebutuhan. Pasalnya, tidak semua orang mempunyai keahlian sama.

Kedua, untuk memilih tukang bangunan yang berkompeten dengan benar Anda bisa meminta pendapat dan rekomendasi dari orang-orang terdekat.  Umumnya, pekerja yang memiliki jam terbang tinggi biasanya mempunyai keterampilan lebih berkualitas.

  1. Pilihlah Tukang Bangunan yang Komunikatif

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan supaya tepat dalam memilih yakni perhatikan karakternya. Pasalnya, setiap orang memiliki sikap berbeda-beda, namun demi kelancaran proses pengerjaan pembangunan sebaiknya pilihlah tukang dengan tipe aktif berkomunikasi.

Hal ini cukup penting, pasalnya dengan adanya komunikasi yang lancar antara pemilik proyek dan pekerja dapat meminimalisir ketidaksamaan pandangan tentang gambaran kerja. Biasanya tukang berkompeten akan memberikan saran jika ada ketidaksesuaian dalam proses pengerjaan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara memilih tukang bangunan Bali yang efektif. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda dalam mencari pekerja sesuai kebutuhan sehingga proyek pembangunan bisa berjalan sesuai ekspektasi.