Cara Mengganti Keyboard Ponsel Mudah dan Cepat Tanpa Ribet

  • 2 min read
  • Nov 02, 2020
Cara Mengganti Keyboard Ponsel

Cara Mengganti Keyboard Mudah dan Cepat Tanpa RibetKeyboard merupakan alat input penting dalam ponsel. Tanpa adanya keyboard maka Anda tidak akan bisa mengirimkan pesan maupun mengirim postingan dan komentar di media sosial. Sayangnya, tampilan keyboard bawaan dari ponsel biasanya polos, biasa saja. Tidak menarik sama sekali. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang yang mencari cara untuk mengganti keyboard HP.

Kini, Anda bisa mengganti keyboard tersebut sendiri melalui dua cara. Cara yang pertama diatur melalui pengaturan yang ada pada ponsel Android Anda. Cara kedua adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan menggunakan keyboard berbeda ini bisa menambahkan fungsi lain yang tidak ditemukan pada pengaturan keyboard biasa atau default. Lalu bagaimana cara menggantinya? Ikuti tahapannya!

Cara Mengganti Keyboard HP Melalui Setting Ponsel

Cara mengganti keyboard pada ponsel Android yang pertama adalah melalui pengaturan atau setting. Ini merupakan cara termudah dalam mengganti tampilan keyboard. Anda hanya perlu membuka pengaturan pada ponsel Anda, terlepas dari merk atau jenis hp apapun yang digunakan. Setelah itu cari menu pengaturan Language & Input atau Bahasa dan Input.

Di sana Anda bisa melihat Keyboard & Input Method. Klik nama keyboard yang ada di bagian bawah. Biasanya, pada ponsel Android terdapat dua pilihan keyboard bawaan atau default. Meski ada beberapa yang hanya menyediakan keyboard bawaan produsen HP saja. Setelah memilih mana yang akan digunakan, tampilan keyboard akan segera berubah.

Meskipun hanya menggunakan keyboard bawaan dari ponsel, Anda masih bisa mengkostumisasi tampilannya. Caranya adalah dengan mengganti tema tampilan dari keyboard tersebut. Cara mengganti keyboard dari temanya ini sangat mudah dan bisa memberikan kesan yang lebih menarik jika dibandingkan dengan tampilan keyboard biasa yang polos tanpa ada hiasan apapun.

Cara Mengganti Keyboard HP Menggunakan Aplikasi

Jika merasa pilihan keyboard yang disediakan oleh setting default masih kurang menarik, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk mengganti tampilan dari keyboard tersebut. Selain mengganti tampilan, keyboard yang diunduh melalui aplikasi ini menyediakan beberapa fitur yang tidak disediakan oleh keyboard bawaan. Misalnya saja ketersediaan stiker, GIF bahkan animasi lucu.

Ada banyak jenis aplikasi yang bisa dipilih untuk mengganti keyboard. Beberapa yang paling terkenal adalah SwiftKey yang merupakan hasil produk dari Microsoft. Ada juga GBoard yang merupakan produk perusahaan besar Google, Emoji yang memiliki lebih banyak pilihan emoji, Flesky dan lain sebagainya. Tidak sulit mengubah tampilan keyboard menggunakan aplikasi karena caranya hampir sama.

Cara mengganti keyboard menggunakan aplikasi pertama-tama adalah unduh dan pasang terlebih dulu aplikasi yang akan digunakan. Setelah terpasang izinkan atau klik tombol enable yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut supaya aplikasi bisa melakukan perubahan pada tampilan keyboard ponsel. Setelah diizinkan, buka pengaturan keyboard pada setting ponsel dan pilih aplikasi yang sudah terpadang tadi.

Jika setelah dipilih muncul pernyataan mengenai akses terhadap semua teks yang ada pada ponsel Anda, maka pilih saja OK. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih menggunakan keyboard, maka pilihlah aplikasi yang sudah terpasang. Anda juga akan ditawari untuk memilih bahasa yang akan digunakan. Pemilihan bahasa ini akan berpengaruh terhadap penyediaan prediksi kata pada papan ketik.

Dengan selesainya proses tersebut, Anda sudah bisa menggunakan tampilan baru keyboard Anda. Jika masih ingin menyesuaikan kembali tampilan board, Anda bisa mengubahnya melalui pengaturan tersendiri setelah itu. Tidak mesti dilakukan di saat itu juga. Untuk mengatahui cara mengganti keyboard yang lebih tepat, cari tahu lebih jauh mengenai penggunaan aplikasi yang Anda pilih supaya tidak kesulitan.