Dalam kondisi seperti sekarang ini dunia memang tengah diresahkan dengan munculnya virus Corona. Pandemi baru yang menjangkiti manusia dan sangat cepat sekali penyebarannya. Di Indonesia per tanggal 05 April 2020 saat ini bahkan jika dilihat jumlah masyarakat yang terjangkit sudah lebih dari 2 ribu orang, dengan sekitar 190 lainnya dinyatakan meninggal dunia. Tak heran juga jika seandainya masyarakat juga dibuat paranoid akan hal tersebut. Pemerintah juga mengupayakan berbagai macam cara agar bisa mencegah atau menekan angka korbannya.

Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini memang hanya sekitar 3 bulan saja sudah menjangkiti masyarakat di seluruh penjuru dunia. Bahkan dengan melihat jumlah korbannya yang sangatlah banyak berbagai ilmuan memang tengah berupaya untuk bisa menemukan obat yang benar-benar efektif untuk mengatasinya. Masyarakat sendiri hendaknya juga harus ikut serta di dalam melakukan langkah atau upaya pencegahan. Ikuti atau patuhi setiap aturan yang dibuat oleh pemerintah untuk bisa terhindar dari masalah kesehatan tersebut.

Apalagi berbagai macam kebijakan juga sudah dibuat untuk mempermudah untuk melaksanakannya, seperti diantaranya adalah work from home, dimana nantinya Anda bisa membawa pekerjaan tersebut pulang ke rumah, ataupun juga sekolah yang diliburkan, diganti dengan belajar secara daring. Hal lainnya yang tidak boleh disepelekan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar Anda. Biasakanlah untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk mencegah persebaran virus Corona tersebut, mencegahnya agar tidak sampai masuk kedalam tubuh. Mengingat tangan ini sendiri adalah media utama yang digunakan untuk menularkan virus tersebut.

Lalu sebenarnya lebih efektif mana menggunakan sabun untuk cuci tangan atau memakai hand sanitizer?. Pada dasarnya mencuci tangan menggunakan sabun jauh lebih efektif hasilnya untuk membunuh kuman penyebab penyakit, juga untuk membersihkan kotoran yang menempel pada area tangan tersebut. Dibandingkan dengan hand sanitizer yang sifatnya sementara. Namun dalam beberapa kondisi darurat yang memang tidak memungkinkan Anda di dalam mencuci tangan, seperti diantaranya ketika berada dalam perjalanan. Begitu juga ketika Anda sedang berada di luar rumah. Maka pakaian hand sanitizer ini juga jauh lebih praktis, apalagi fasilitas umum sebenarnya adalah sarana yang paling rentan menyebarkan virus.

Berikut ini diantaranya ada beberapa aturan dalam pemakaian hand sanitizer tersebut, yaitu:

  1. Sebaiknya pilihlah yang mengandung alkohol sekitar 70 persen, karena kandungan alkohol inilah yang berperan penting di dalam membunuh virus dan juga kuman yang ada di tangan penyebab penyakit tersebut.
  2. Jangan terlalu sering dilakukan, sebaiknya gunakan hand sanitizer dalam kondisi darurat saja. Mengingat dengan pemakaian yang terlalu sering sebenarnya hal ini hanya akan meningkatkan resiko mengalami iritasi pada tangan Anda.
  3. Jangan menggunakan hand sanitizer ketika kondisi kulit Anda tengah terluka atau bermasalah. Mengingat nantinya hal ini hanya akan memperparah luka tersebut. Apalagi jika lukanya bersifat terbuka, maka akan semakin lama kering atau sembuh.
  4. Hand sanitizer tidak membersihkan tangan yang kotor, sehingga jika seandainya tangan benar-benar kotor ada baiknya mencucinya menggunakan air dan sabun terlebih dahulu.

Jika mulai dirasakan gejala terserang virus Corona jangan tunggu lama maka langsunglah berobat ke dokter. Namun jika kondisinya masih ringan bahkan Anda sendiri tidak dapat membedakan apakah itu sebenarnya flu biasa atau Covid 19 sebaiknya konsultasikan dulu secara online lewat aplikasi Halodoc.