Mendapatkan tamu bulanan berupa menstruasi memang sudah menjadi hal yang wajar terjadi pada wanita. Umumnya siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari. Namun pada beberapa wanita ada yang mengalami siklus waktu lebih lama atau bahkan lebih cepat dari siklus normal ini. Siklus menstruasi yang dialami bisa dikatakan teratur jika datang setiap 24-38 hari. Sehingga saat Anda mengalami menstruasi dengan siklus yang tidak menentu, maka bisa dikatakan haid tidak teratur.

Untuk menyikapi hal ini tidak usah panik terlebih dahulu, meskipun memang tidak bisa dianggap remeh juga. Karena supaya haid teratur, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan berikut ini:

  • Yoga.

Gerakan yoga dipercaya mampu mengatasi permasalahan menstruasi yang tidak teratur. Karena rutinitas ini mampu membantu menyeimbangkan hormone sehingga mencegah siklus haid yang berantakan.

  • Rutin berolahraga.

Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari berolahraga secara rutin, salah satunya memperlancar siklus haid. Untuk itu lakukan olahraga secara rutin untuk menghindari masalah menstruasi yang melanda.

  • Mengkonsumsi nanas.

Nanas mengandung bromelin yang merupakan enzim dengan manfaat melunakkan lapisan rahim. Sehingga siklus haid bisa menjadi lebih teratur.

  • Mengkonsumsi cuka apel.

Rasa pahit dalam cuka apel ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, bahan yang satu ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, gula darah, serta kadar insulin.

Itu tadi beberapa cara mudah mengatasi haid tidak teratur yang bisa dipraktekkan bagi Anda yang mengalami permasalahan serupa. Dengan melakukan cara-cara tersebut secara sungguh-sungguh, harapannya haid Anda akan kembali lancar. Dan pastikan ketika mengalami menstruasi, Anda menggunakan pembalut yang memang berkualitas terbaik dan aman, seperti Laurier. Untuk menghindari cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut, seperti dengan kertas toilet, lap, kapas, dll, maka sebaiknya bawa selalu pembalut Laurier dalam tas bepergian Anda gar terhindar dari kebocoran saat menstruasi tiba.

Nah, beberapa cara mengatasi haid yang tidak lancar tersebut jika setelah dipraktekkan namun tidak kunjung menstruasi, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter. Karena dengan begitu Anda jadi bisa mengetahui alasan kenapa siklus menstruasi tidak teratur, serta agar diarahkan oleh dokter untuk melakukan pengobatan yang tepat.