Ini Dia Penyebab Kerusakan AC

  • 2 min read
  • Aug 27, 2021
Penyebab Kerusakan AC

Mayoritas masyarakat di Indonesia membutuhkan AC untuk pendingin ruangan di rumah mereka. Bahkan bagi mereka yang tergolong sebagai masyarakat menengah ke atas memiliki lebih dari 2 AC di rumahnya. Hal ini karena cuaca di Indonesia memang termasuk dalam iklim tropis.

AC bisa dikatakan sebagai benda krusial di dalam hunian rumah, bahkan setara dengan TV. Bagi anda yang bertempat tinggal di wilayah perkotaan tentu merasa gundah ketika AC mengalami kerusakan secara tiba-tiba. Apalagi jika anda tidak mengetahui banyak informasi terkait cara mengatasi AC rusak. Berikut ini beberapa ciri kerusakan pada AC yang bisa diatasi dengan mudah jika anda menggunakan Jasa Service AC Bintaro.

  • AC tidak kunjung menyala

Penyebab AC yang tidak kunjung menyala walaupun remote tidak mengalami kerusakan kemungkinan besar adalah masalah koneksi power. Anda dapat memeriksa tombol power AC atau sekring kontak. Cek apakah terdapat gangguan atau tidak. Jika tidak ada masalah yang terdeteksi maka anda harus segera memanggil Jasa Service AC Bintaro untuk mengatasinya.

  • Keluar es berukuran kecil

Munculnya es berukuran kecil dari AC bisa terjadi karena 2 persoalan, yakni apabila es keluar dari bagian pipa besar yang mengharuskan anda untuk memanggil Jasa Service AC Bintaro sebab evaporator AC sudah terlalu kotor.

Sedangkan jika es kecil yang keluar tersebut berasal dari bagian pipa kecil, maka ini artinya AC yang anda pasang kekurangan gas freon. Pastikan untuk memanggil jasa service AC serta jangan mencoba menyalakannya sebelum freon tersebut diganti sebab bisa mengakibatkan kompresor AC anda ikut rusak.

  • Listrik turun sesudah AC dihidupkan

Ini dikarenakan kinerja kompresor yang tidak layak lagi. Dengan demikian, konsumsi listrik lama kelamaan semakin melebihi daya listrik yang tersedia di rumah anda. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengganti kompresor AC dengan yang baru berdasarkan spesifikasi AC anda.

  • Keluar tetesan air

Menetesnya air di bawah AC bisa mengganggu aktifitas anda. Kondisi ini diakibatkan oleh saluran pembuangan AC yang tersumbat. Usahakan untuk segera memanggil Jasa Service AC Bintaro supaya genangan air di bawah AC anda tidak mengganggu aktivitas anda lagi.

  • AC mengeluarkan bau

Apabila muncul bau yang tidak sedap saat AC dinyalakan, hal ini bisa terjadi karena bau minuman atau makanan terbawa udara lalu menempel pada evaporator. Masalah ini bisa dicegah dengan mencuci AC sendiri secara rutin ataupun memaggil jasa service AC.

  • AC tidak dingin

Anda pernah mengotak-atik suhu serta power AC di tingkat yang paling dingin namun suhu ruangan tidak kunjung sejuk? Ini bisa diakibatkan oleh kebocoran freon AC. Freon yang bocor umumnya diakibatkan oleg sambungan pada pipa yang kendur. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengencangnya bagian pipa tersebut menggunakan sekrup.

  • AC berisik

Apakah anda mendengar suara yang berderit dan berisik dari AC yang sedang menyala? Kerusakan pada AC ini memang sering dialami pemilik AC. Anda bisa mencegah masalah ini dengan melakukan pengecekan secara rutin serta memastikan cover dan pipa AC bersetuhan satu dengan yang lain agar suara deritan tidak terdengar kembali.

Nah, itulah penjelasan mengenai penyebab AC mengalami kerusakan yang sebaiknya anda ketahui. Dengan begitu anda bisa memikirkan jalan keluar untuk segera mengatasinya. Bagi anda yang perlu memanggil teknisi AC terpercaya maka kami rekomendasikan Jasa Service AC Bintaro yang siap mengatasi segala permasalahan pada AC anda dengan cepat.