Jangan Salah Pilih! Ini 4 Ciri-ciri Hosting Indonesia Terbaik

  • 2 min read
  • Dec 14, 2020
Hosting Indonesia Terbaik

Sebuah website tidak akan bisa diakses melalui internet tanpa adanya hosting. Kalau diibaratkan, hosting adalah sebuah rumah bagi bagi website. Semua data website disimpan di dalam hosting Indonesia, termasuk file dokumen, gambar, suara, atau video.

Kualitas hosting akan mempengaruhi perkembangan website. Jadi, sebelum membeli hosting, sebaiknya ketahui terlebih dulu ciri hosting yang berkualitas bagus. Ada banyak jasa hosting Indonesia yang bisa Anda temukan di internet. Gali informasi mengenai layanan hosting yang ditawarkannya. Apabila layanan hostingnya memiliki kriteria seperti di bawah ini, Anda bisa memilihnya.

Ciri-ciri Hosting Indonesia Layak Dipilih

Jika Anda mengetikkan jasa hosting terbaik di mesin pencari, maka ada puluhan hingga ratusan jasa hosting di Indonesia. Tentu bingung jika harus memilih salah satu dari sekian banyaknya pilihan yang ada. Ada tips cerdas yang membuat Anda tidak salah pilih, yaitu mengetahui ciri-ciri atau kriteria layanan hosting berkualitas. Berikut adalah ciri-ciri hosting murah terbaik kualitasnya:

  1. Kualitas Pelayanannya yang Baik

Penyedia hosting yang Anda pilih sebaiknya yang memberikan pelayanan terbaiknya kepada para pelanggan. Anda bisa memilih yang menyediakan jam pelayanan selama 24 jam penuh. Pelanggan hosting pasti mendapat masalah teknis pada waktu yang tidak bisa diperkirakan.

Layanan 24 jam memudahkan pelanggan untuk menghubungi pihak pelayan pelanggan kapan saja. Masalah teknis pun dapat dengan segera teratasi. Pelayanan siaga adalah wujud dedikasi dari penyedia jasa hosting kepada pelanggan-pelanggannya. Maka dari itu, sebaiknya pilih jasa hosting dengan kualitas pelayanan yang paling baik.

  1. Kinerja Server Cepat

Sebuah website bisa diakses dengan cepat jika memiliki sistem server yang bekerja secara maksimal. Server yang cepat mempunyai persentase yang tinggi pada aspek uptime-nya. Hosting terbaik pasti mempunyai nilai uptime mulai dari 99% ke atas.

Hindari untuk memakai jasa hosting yang kecepatan uptime tidak sampai 99%. Biasanya hosting dengan uptime di bawah 99% kinerja server tidak maksimal. Padahal website yang diakses selama 24 jam penuh harus membutuhkan kinerja server yang cepat dan stabil.

  1. Kapasitas Penyimpanan Memadai

Hosting seperti halnya rumah, merupakan tempat yang berfungsi untuk menyimpan berbagai benda. Hosting berfungsi untuk menyimpan data dari website, meliputi teks, video, gambar, atau suara. Anda sebaiknya memilih layanan hosting murah sekaligus menyediakan kapasitas yang memadai untuk kebutuhan situs web.

  1. Memberikan Jaminan Terbaik

Pemilik situs web yang sudah memiliki trafik pengunjung tinggi setiap harinya pasti ingin websitenya online terus selama 24 jam. Sebentar saja website mengalami offline akibat sistem mati, Anda akan mengalami kerugian cukup besar.

Demi menghindari kerugian waktu maupun uang, sebaiknya gunakan layanan hosting yang dapat memberi jaminan. Adapun jaminan yang dimaksud adalah jaminan website tetap dalam keadaan online. Meskipun terjadi bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir bandang atau cuaca buruk, website tetap bisa diakses seperti biasa.

Jaminan tetap online meskipun terjadi bencana alam, memperlihatkan bahwa jasa hosting bekerja secara profesional. Hosting terbaik pasti memiliki data center. Data center ini digunakan untuk memantau koneksi internet situs web, pencadangan data, dan sebagainya. Oleh karena itu layanan hosting terbaik pasti memiliki data center untuk memastikan website aman meskipun terjadi bencana.

Beberapa ciri-ciri hosting Indonesia yang berkualitas bisa menjadi panduan memilih jasa web hosting. Jangan sampai salah dalam memakai jasa hosting murah dan berkualitas. Pemilihan yang benar akan memberikan jaminan website bekerja secara maksimal selama 24 jam setiap harinya.