Kemudahan Transaksi Reksadana Melalui Online Banking

  • 3 min read
  • Jun 21, 2021
Kemudahan Transaksi Reksadana Melalui Online Banking

Sudah punya investasi jenis apa di usia Anda sekarang? Atau malah belum terpikirkan investasi sama sekali? Memang ya, kesadaran akan pentingnya investasi di negeri ini masih terbilang kecil. Meski begitu, perkembangannya sudah mulai terlihat di era milenial dan digital ini. Banyak lembaga yang keras menyuarakan pentingnya investasi bahkan dengan gratis menyebarkan ilmunya. Hal ini cukup berhasil menarik minat para generasi milenial untuk mulai tergerak berinvestasi meski dimulai dari nominal kecil.

Nah, salah satu jenis investasi yang paling populer dan paling direkomendasikan untuk milenial adalah Reksadana. Reksadana sendiri adalah salah satu jenis atau instrumen investasi yang yang terbilang simpel dan fleksibel dalam transaksinya. Cara pembelian atau top up investasi ini juga kini semakin mudah karena bisa lewat online banking. Lalu apa sih Reksadana lebih jelasnya?

Apa Itu Reksadana?

Sederhananya, Reksadana adalah sebuah tempat atau media untuk menghimpun dana dari masyarakat sebagai pemodal. Setelah itu, dana yang sudah disetor akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek dan dilakukan oleh manajer investasi.

Keuntungan menggunakan Reksadana tidak hanya karena mudahnya dalam berinvestasi tetapi juga return yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk perbankan. Bisa dibilang Reksadana menjadi salah satu jenis tabungan digital dengan return yang cukup tinggi dibanding tabungan deposito.

Alternatif investasi ini juga banyak dipilih oleh pemodal kecil yang tidak menyukai resiko tinggi dalam hal berinvestasi. Di atas disebutkan adanya portofolio efek, istilah ini mengarah kepada surat-surat berharga seperti saham, obligasi deposito dan masih banyak lagi. Di mana  itu semua merupakan tempat Reksadana menempatkan investasinya.

Sementara itu, manajer investasi merupakan pihak-pihak yang mengelola portofolio efek. Pengelolaan ini berdasar pada kebijakan investasi yang sudah disepakati.

Apa Saja Produk Reksadana?

Reksadana sendiri memiliki beberapa produk yang yang bisa anda pilih berdasarkan kebutuhan dan tujuan keuangan. Setidaknya ada 4 jenis reksadana yang umumnya dipilih banyak orang.

  • Reksadana Pasar Uang

Merupakan jenis instrumen investasi pasar uang yang punya jatuh tempo kurang dari satu tahun. Jenis depositonya berupa deposito berjangka, sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia, hingga Surat Berharga Pasar Uang. Untuk resiko investasi satu ini relatif lebih rendah.

  • Reksadana Pendapatan Tetap

Jenis investasi alokasi dana minimal 80% di instrumen obligasi. Sangat sesuai bagi Anda yang ingin melakukan investasi jangka menengah.

  • Reksadana Campuran

Jenis instrumen dengan pengalokasian dana yang lebih bervariasi. Pada instrumen investasi ini anda bisa mengalokasikan dana dalam bentuk saham yang digabungkan dengan obligasi dan lainnya. Keuntungannya tentu saja agar bisa mendapatkan return yang lebih tinggi. Untuk resikonya bersifat moderat.

  • Reksadana Saham

Alokasi dana bisa dilakukan minimal 80%. Anda yang menginginkan investasi dalam jangka panjang sangat bisa mengalokasikan dana untuk Reksadana saham. Untuk return pada jenis investasi ini tentu lebih tinggi dibanding Reksadana pasar uang dan juga pendapatan tetap. Tetapi di satu sisi return-nya juga paling tinggi.

Kemudahan Transaksi Reksadana Melalui Online Banking

Setelah mengetahui apa itu Reksadana dan jenis instrumen investasi yang dimiliki Reksadana, ini saatnya mengetahui mudahnya bertransaksi Reksadana lewat online banking.

Pertama kali yang harus anda lakukan tentu saja dengan membuka rekening bank. Saat ini, buka rekening baru bisa dilakukan dengan datang ke kantor cabang terdekat atau secara online tergantung kebijakan bank yang anda tuju. Jangan lupa untuk menggunakan online banking agar transaksi Reksadana lebih mudah dilakukan.

Cara daftar mobile banking juga mudah bisa lewat smartphone. Nah setelah itu Anda bisa membuka rekening Reksadana. Lalu bagaimana cara melakukan pembelian Reksadana?

Tentu saja tetap mudah dilakukan yaitu dengan melakukan transfer sejumlah dana dari rekening tabungan Anda ke rekening reksadana. Kemudahan lainnya yaitu ketika melakukan transaksi Reksadana digital banking adalah Anda juga bisa memonitoring langsung nilai investasi Reksadana lewat smartphone.

Investasi Reksadana Melalui PermataMobile X Dan Pemanfaatan Berbagai Fiturnya

Melalui PermataMobile X, anda bisa dengan mudah melakukan investasi Reksadana lewat smartphone tanpa harus mengunjungi cabang bank terdekat. Lalu apa saja keunggulan yang anda dapatkan ketika memilih PermataMobile X sebagai tempat investasi digital?

  1. Sangat praktis, yakni melakukan cek semua akun yang dimiliki hanya dalam satu layar saja.
  2. Cek mutasi mudah, pengecekan mutasi transaksi untuk semua jenis akun bisa dilakukan hingga 12 bulan alias 1 tahun.
  3. Ratusan fitur, ada 200 fitur yang bisa anda manfaatkan untuk semua transaksi perbankan dari PermataMobile X.

Selain fitur untuk investasi Reksadana, di PermataMobile X terdapat pula fitur online banking lainnya yang sangat memudahkan para nasabah. Berikut ini beberapa fitur bermanfaat yang harus anda ketahui dari PermataMobile X.

Tabungan Giro, sangat praktis untuk melakukan transaksi ke semua akun giro. Termasuk Reksadana, Obligasi, Credit Card, KTA, dan KPR. Melihat laporan mutasi mudah dilakukan.

  • Kartu Kredit, kemudahan dalam penambahan kartu kredit lewat smartphone.
  • Pinjaman, melakukan pinjaman baik kecil maupun dana tunai.
  • Fingerprint, login dengan menggunakan finger print lebih mudah.
  • Digital Token, pengiriman kode verifikasi tidak melalui SMS OTP lagi tapi menggunakan digital token.
  • QR pay, pembayaran menggunakan barcode.
  • PermataStore, pembelian produk PermataBank secara online.
  • Transfer kilat, melakukan transfer hitungan detik saja.
  • Face ID, login menggunakan fitur pengenalan wajah.

Nah demikian kini anda sudah tahu bagaimana mudahnya melakukan pembelian investasi Reksadana lewat online banking. Apalagi jika  melakukan pembelian Reksadana melalui PermataMobile X dari PermataBank, tidak hanya transaksinya mudah tapi juga terdapat banyak promo dan diskon menarik.