Saat ini banyak sekali orang yang membutuhkan aplikasi untuk kompres video untuk menurunkan atau mengecilkan ukuran video. Aplikasi ini bisa bermanfaat jika video yang kamu ambil dengan kualitas HD karena sudah bisa dipastikan bahwa video tersebut memiliki ukuran yang sangat besar walaupun gambar yang dihasilkan oleh video berkualitas HD pun lebih jelas dan tajam. Aplikasi kompres video ini bisa sangat di manfaatkan untuk kamu yang memiliki ruang penyimpanan PC atau smartphone terbatas. Kelebihan dari aplikasi kompres video bukan hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan ketika kamu ingin menurunkan ukuran saat mengunggah video ke media sosial seperti Instagram atau Youtube karena dengan ukuran lebih kecil pun proses upload bisa lebih cepat. Untuk aplikasi apa saja yang bisa jadi pilihan kamu untuk kompres video yuk simak saja penjelasannya di bawah ini:

  1. Vidcoder

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah vidcoder, aplikasi yang satu ini cukup sering digunakan oleh para Youtuber. Kompres video di laptop atau PC yang satu ini memang sudah cukup terkenal ampuh untuk mengubah ukuran atau format video menjadi sesuai dengan kebutuhan kamu. Vidcoder ini memang bisa mengubah atau mengecilkan ukuran video tapi tidak mengurangi kualitas gambar maupun audio secara signifikan. Jika kamu menguasai persoalan teknis video yang baik aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk kamu, tapi untuk kamu yang tidak menguasainya pun aplikasi ini telah menyediakan berbagai opsi yang bisa digunakan secara otomatis.

  1. Windows Movie Maker

Aplikasi yang ke dua ada Movie Maker, aplikasi edit video yang satu ini telah terkenal di kalangan pengguna Windows. Movie Maker ni memiliki size yang kecil kemdian user interface yang simpel serta fitur-fitur yang cukup lengkap untuk kamu yang masih pemula. Hasil kompressi yang bisa didapat dengan aplikasi Movie Maker ini cukup bervariasi, rata-rata hingga 80% untuk durasi video 3 sampai 4 menit dengan kualitas yang menyesuaikan tentunya. Dengan kelebihan interfacenya yang simpel mengedit video di Movie Maker bisa dibilang sangat mudah.

  1. VideoPad

Aplikasi selanjutnya ada videopad,  Aplikasi videopad ini memiliki beragam macam fitur yang tentunya sangat berguna untuk menyesuaikan hasil video yang ingin  kamu kompres. Video pad ini memiliki fitur seperti me-rotate video, zoom video, mengatur jarak antara video, crop video, sampai memperbesar suara video yang tadinya memilikisuara yang kecil. Untuk cara kompres video di videopad kamu hanya perlu mengimport video yang ingin kamu kompres, setelah itu lakukan encode dengan cara menyimpan ulang video tersebut dan video pun berhasil dikompres .

  1. Avidemux

Aplikasi kompres video selanjutnya ada Avidemux, pada aplikasi avidemux ini kamu bisa mengatur berbagai jenis setting seperti encode, FPS, bitrate dan aplikasi-aplikasi lainnya dengan support format video yang beragam. Avidemux juga memiliki interface yang bisa dibilang simpel sehingga aplikasi ini cocok digunakan seorang pemula yang belum pernah mencobanya. Pada avidemux juga terdapat punya fitur crop yang bisa kamu gunakan untuk menghapus durasi video yang tidak kamu inginkan.

  1. Miro Video Converter

Aplikasi yang terakhir ada Miro Video Converter , Miro Video Converter  ini juga sangat cocok untuk pemula karena penggunaanya yang mudah kamu hanya perlu  melakukan drag dan drop video yang ingin kamu kompres kemudian dilanjutkan dengan mengatur jenis format pada hasil akhirnya.

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga kompres video kamu berhasil ya!