Manfaat Asuransi Pendidikan Anak Perlu Anda Ketahui

  • 3 min read
  • Mar 05, 2021
Asuransi Pendidikan Anak

Seperti yang kita tahu, bahwa setiap tahunya pasti biaya apapu itu pasti mengalami kenaikan, tidak terkecuali dengan biaya pendidikan. Apalagi untuk sekolahan yang dinilai elit atau kelas orang kaya, dan apalagi untuk biaya pendidikan perguruan tinggi. Memang sih ada juga program pemerintah yang memberikan beasiswa kepada para anak yang ingin belajar di dari mulai seklah dasar sampai dengan perguruan tinggi juga pasti ada program beasiswa. Namun ada juga yang berpendapat bahwa jika ingin masuk ke universitas dengan reputasi yang bagus dan fasilitas yang juga sangat lengkap pasti biaya yang di perlukan juga lumayan besar, terus juga untuk program beasiswa tidak semua bisa mendapatkan program tersebut, tapi hanya untuk orang-orang tertentu saja. Sehingga atas dasar itulah, para orang tua harus mempersiapkan tabungan atau asuransi pendidikan anak sejak saat ini (sejak dini).

Asuransi Pendidikan Anak

Di era sekarang yang semuanya serba mudah dengan bantuan teknologi yang canggih ini, telah ada beberapa produk keuangan yang bisa digunakan untuk mempersiapkan semua dana pendidikan anak. Misalnya dengan mengikuti program menabung di Bank Konvensional, kemudian mengikuti asuransi pendidikan anak, dan masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan untuk anak. Tentunya agar kamu tidak salah dalam memilih sebuah asuransi untuk pendidikan anak, alangkah baiknya kamu mengikuti tips mempersiapkan hal-hal berikut ini.

1. Cari Jasa Asuransi Pendidikan yang Baik

Langkah pertama jika kamu ingin menggunakan jasa asuransi untuk mempersiapkan dana pendidikan anak kamu, kamu bisa menggunakan jasa asuransi, tentunya kamu harus tahu dahulu latar belakang dari jasa asuransi tersebut, agar kamu tidak tertipu misalnya tentang legalitas dari jasa asuransi tersebut, jasa asuransi tersebut di bawah naungan siapa, dan lain sebagainya.

2. Pilih Sekolah Anak yang Tepat

Kemudian hal ini juga sangat penting untuk kamu, yaitu kamu harus memilih atau menyiapkan sekolah untuk anak kamu, misalnya di sekolahkan di sekolah Negeri atau di sekolah Swasta. Kelebihan di sekolah negeri biasanya biaya pendidikan lebih murah, bahkan ada juga yang gratis. Sedangkan untuk di sekolah swasta cenderung lebih mahal biaya-nya, akan tetapi kelebihanya adalah fasilitas yang ada lebih sangat lengkap, serta di ajar oleh tenaga pendidik yang berstandar internasional.

Dalam hal ini, kamu juga harus memikirkan kedepannya tentang biaya yang akan kamu keluarkan misalnya biaya les, biaya pembelian buku, serta biaya-biaya lainnya jika memang di perlukan dan harus ada.

3. Pikirkan Tentang Biaya yang Bisa Saja Akan di Keluarkan

Jika kamu sudah memilih pendidikan untuk anak nantinya, kamu juga harus bisa memikirkan dan mencari tahu lebih banyak tentang apa saja yang di butuhkan jika bersekolah di pilihan tersebut. Kamu bisa tenyakan kepada pihak sekolah langsung, atau juga bisa menanyakan pada tetangga, keluarga atau teman yang juga menyekolahkan anaknya di tempat yang sama, seperti yang kamu pilihkan kepada anak kamu. Dengan begitu kamu bisa memperhitungkan berapa biaya yang akan di keluarkan jika kamu menyekolahkan anak kamu di sekolah tersebut.

Catatan: mungkin untuk anak yang masih belum tahu tentang cara memilih sekolah yang terbaik untuknya seperti anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar atau sampai dengan duduk di bangku sekolah menengah pertama, masih bisa untuk di pilihkan mana yang terbaik untuk dirinya. Akan tetapi jika sudah menginjak di seklah menengah atas sampai ke perguruan tinggi, biarkan anak yang akan memilih sekolahan mana yang terbaik untuk-nya, kita sebagai orang tua hanya bisa mengarahkan, jika memang pilihan anak tadi salah alangkah baiknya para orang tua memberikan solusi dan alasan yang terbaik agar anak mau mengerti tentang masalah tersebut.

Manfaat dari Asuransi Pendidikan Anak

Langkah yang terbaik, dalam menyiapkan dana untuk pendidikan anak adalah dengan cara mengikuti program asuransi pendidikan anak. Dengan cara tersebut kamu tidak perlu khawatir dengan masalah keuangan untuk membiaya pendidikan anak kamu nanti. Kemudian jika memang ada kendala atau hal yang tidak di inginkan misalnya kamu mengalami bangkrut dan tidak bisa membiaya pendidikan anak kamu, dengan asuransi pendidikan tersebut masih bisa membantu membiayai pendidikan anakĀ  kamu nanti.