Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

  • 3 min read
  • Jun 05, 2021
Manfaat Beras Hitam

Edutorial Id – Apakah Anda mengalami kelebihan berat badan? Sudah mencoba diet mengurangi konsumsi karbohidrat untuk menurunkan berat badan secara efektif tetapi belum berhasil? Apakah Anda ingin mengikuti diet sehat dalam kehidupan sehari-hari? Apakah Anda yang tidak bisa melewati hari tanpa asupan nasi?

Artikel ini akan memberikan solusi mengenai masalah di atas, solusinya adalah “beras hitam”. Ya, pernahkah Anda mengkonsumsinya? Jika Anda belum tahu banyak tentang beras hitam, Mari kita baca artikel ini untuk mengenal beras hitam, sejarah dan manfaat beras hitam bagi kesehatan.

Pada zaman dahulu beras hitam disebut beras terlarang, tetapi bukan berarti kita sama sekali dilarang mendapatkannya di atas piring, tapi itu adalah cerita yang sangat tua dalam kekaisaran Cina kuno. Di mana ada seorang kaisar Cina pada saat itu, kaisar ini membatasi makan beras hitam hanya untuk dirinya dan keluarga kerajaan, dan melarang masyarakat umum menyantapnya, beras hitam sangat lezat dan bergizi juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Jadi kehadiran beras hitam langka dan dilarang untuk masyarakat umum karena  mempunyai banyak manfaat kesehatan yang membedakannya dari nasi putih biasa, sehingga dinamakan beras terlarang.

Namun sekarang beras hitam  telah tersedia di toko-toko. Mari kita mencari tahu manfaat beras hitam untuk kesehatan dan karakteristik beras hitam yang membuatnya istimewa, dan mungkin bisa membuat Anda ingin cepat-capat mendapatkannya untuk menggantikan nasi putih atau jenis beras lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai Penangkal Antioksidan Kuat

Beras hitam merupakan sumber antioksidan yang kuat, terutama anthocyanins yang diperoleh dari dedak  kulit luar yang menutupi butir beras. Antosianin mencegah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh dan melindungi terhadap berbagai penyakit seperti: penyakit jantung, infeksi dan penyakit dari berbagai jenis kanker. Beras hitam memiliki konsentrasi tinggi antioksidan yang sama dengan yang kita dapatkan dari blueberry, cranberry dan raspberry dibanding dengan jenis beras lain.

Membantu dalam Detoksifikasi Hati

Beras hitam mengandung antioksidan yang tinggi, hal ini membantu hati untuk membuang racun dan kotoran. Sebagai fungsi hati yang paling dalam tubuh manusia yang bekerja untuk memurnikan tubuh dari racun dan kotoran. Beras hitam memerangi oksidasi dan racun dalam tubuh.

Mencegah Pengerasan Arteri

Beras hitam mmpunyai manfaat yang kuat dan besar untuk kesehatan jantung, ia dapat mencegah penyakit tekanan darah tinggi karena mencegah aterosklerosis yang merupakan pengerasan dinding arteri, sakit jantung dan pembuluh darah yang menimpa banyak orang.

Mengandung Serat Alami

Ketika beras hitam dimakan tanpa membuang kulitnya yang tidak larut dalam makanan dengan mudah itu mengarah pada rasa kenyang setelah makan, juga banyak membantu dalam pengobatan diare dan sindrom iritasi usus besar. Setiap 100 gram beras hitam mengandung 5 gram serat , yang merupakan 10% dari kebutuhan manusia yang direkomendasikan untuk serat alami harian, dan ini persentase yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan jenis lain beras lain.

Membantu Mencegah Diabetes

Karena mengandung persentase serat alami yang tinggi, beras hitam memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Beras hitam menjaga kesehatan dan keselamatan saluran pencernaan, dan menjaga stabilitas gula darah. Sebagai informasi, asupan beras hitam selama mengikuti diet yang ditentukan juga membantu dalam pencegahan diabetes karena mengandung persentase gula yang sangat rendah.

Mencegah Obesitas

Menyantap beras hitam membantu pada penurunan berat badan secara drastis karena mengandung proporsi yang tinggi dari serat alami yang menimbulkan rasa kenyang dengan mudah. Hal ini juga mengandung rendah kalori karena setiap 100 gram beras hitam mengandung 300 kalori saja yang membantu mengurangi asupan kalori dan mengontrol tubuh. Dengan demikian dapat membantu mengontrol obesitas dan mengurangi berat badan dalam jangka panjang. Beras hitam mengandung jumlah karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Mengandung banyak Mineral

Beras hitam mengandung banyak mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Sebagai contoh, beras hitam mengandung kadar tinggi zat besi,karena setiap 100 gram beras hitam mengandung 3,5 gram zat besi, juga mengandung kadar baik dari logam, mangan, magnesium, fosfor dan selenium. Mangan merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh untuk melakukan banyak fungsi. Selain itu, magnesium, fosfor  dan logam merupakan elemen penting untuk melakukan banyak fungsi yang diperlukan agar tubuh sehat.

Setelah mengetahui manfaat beras hitam, bisakah Anda berpikir untuk mengubah pola makan Anda dan menjadikan beras hitam sebagai pengganti beras lain?

Sumber:

فوائد الارز الاسود, almrsal.com