Perlu anda ketahui bahwa bibit buah atau buah manggis mempunyai nama latin Garcinia mangostana L. Tanaman buah manggis ini adalah tanaman khas dari daerah kepulauan yang beriklim tropis, dan banyak sekali orang yang percaya bahwa pohon manggis yang berasal dari daerah Jambi, jadinya orang yang ada di Tanah Air sudah tidak merasa asing lagi apabila berbicara soal buah manggis.

Ketika anda mendengar tentang manfaat buah manggis yang berguna untuk kesehatan yang pastinya sudah tidak asing lagi di dengar dan tidak diragukan lagi, sampai dengan sekarang sedang populer memanfaatkan kulit dari buah manggis ini. Dan tanaman manggis ini termasuk cukup mudah untuk di budidayakan.

Buah manggis mempunyai kulit yang keras, tekstur dan bentuknya unik serta rasa buah yang manis alami. Banyak sekali orang menyebut buah manggis dengan julukan ratunya buah-buahan. Kegunaan atau manfaat dari buah mangga untuk kesehatan pada saat ini menjadi populer karena banyak sekali yang sudah merasakan khasiatnya. Yuk langsung saja apa saja sih kegunaan dan manfaat dari buah manggis ini.

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Buah Manggis mempunyai kandungan senyawa organik yang disebut Xanthone.  Dengan adanya senyawa ini bisa diyakini sama ampuhnya dengan antioksidan yang berguna untuk mencegah dan sekaligus mengendalikan radikal bebas pada tubuh anda. Dan buah manggis juga sangat spesial karena hanya ada satu-satunya buah yang seluruh bagian hampir mempunyai atau mengandung senyawa organik ini. Xanthone juga mempunyai sebutan lain yaitu alpha-mangostin dan gamma mangostin.

Menghambat dan menyembuhkan peradangan

Manfaat yang pertama adalah menurut Seorang ilmuwan bernama Chen LG meneliti dan mengungkapkan bahwa alpha-mangostin pada buah manggis dapat menghambat gas nitrit oksida, gas ini diyakini bisa mempurburuk peradangan dalam tubuh kita.

Memperlambat Berkembangnya Bakteri TBC

Manfaat yang ke dua adalah Perlu anda ketahui bahwa Seorang ilmuwan yang bernama Suksamran telah meneliti dan mengungkapkan bahwa senyawa xantone  buah manggis bisa untuk membantu mencegah serangan bakteri tuberkulosis atau TBC. Beta dan Alpha yang ada pada buah manggis dapat membantu agar memperlambat sekaligus menghentikan atau membekukan bakteri yang bernama tuberkulosis ini atau di sebut dengan TBC.

Dapat Mencegah dan Mengatasi Kanker

Manfaat yang ke tiga adalah dapat mencegah kanker dan mengatasi kanker, Seorang ilmuwan bernama Kritsanawong sudah melakukan penelitian dan berhasil menemukan bahwa alpha-mangostin yang sudah di ekstrak dari kulit manggis dapat secara masif agar menghambat terjadinya kanker pada payudara wanita atau bisa juga pada laki-laki, biasanya alpha-mangostin dikonsumsi setelah jadi suplemen.

Ada juga ilmuwan lain selain kritsanawong yang sudah menemukan fakta yang menarik yang bernama wang ji, ilmuwan tersebut mengungkapkan bahwa eksak etanol dari pada kulit manggis dapat membantu mengtasi kanker pada kulit seseorang.

Membantu menghambat terjadinya  alergi

Manfaat yang ke empat adalah membantu menghambat terjadinya alergi, Seorang ilmuwan bernama Nakatani menemukan fakta bahwa buah manggis dapat menahan terjadinya alergi pada tubuh, pasalnya ekstrak buah manggis bisa menghambat pelepasan zat/senyawa histamin dan sintesis prostaglandin. Kedua senyawa/zat ini diyakini yang membuat tubuh alergi.

Itulah informasi tentang Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan dan semoga bermanfaat buat anda semuanya bagi yang mencari buah apa yang bisa dijadikan untuk mencegah penyakit kanker yang ada pada tubuh manusia.