- 1. Memudahkan konsumen dalam menjangkau bisnis Anda
- 2. Efektif untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang terjangkau
- 3. Membantu Anda mengenal pelanggan lebih dekat
- 4. Meningkatkan statistik pengunjung website
- 5. Membantu Anda dalam merespon keluhan pelanggan dengan cepat
- 6. Memantau pasar dan memahami persaingan
Para pebisnis dan pengusaha belakangan sudah mulai akrab dengan keberadaan sosial media. Pasalnya, kini sosial media tak hanya digunakan untuk media komunikasi dengan kerabat atau teman yang tinggal jauh, namun juga dapat digunakan sebagai media pengenalan sekaligus pemasaran untuk produk bisnis Anda.
Tak sedikit para pengusaha dan pebisnis yang merasa diuntungkan dengan keberadaan sosial media ini. Mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram, semua dapat digunakan untuk membantu mendongkrak penjualan serta menyebarkan brand awareness produk yang dipasarkan dengan tambah followers ig agar banyak di kenal.
Selain kedua hal tersebut, masih banyak lagi manfaat sosial media untuk bisnis Anda. Nah, kali ini saya ingin membagikan apa saja manfaat sosial media, terutama Instagram bagi bisnis Anda. Simak lengkap artikel berikut, ya!
Memudahkan konsumen dalam menjangkau bisnis Anda
Kemudahan dalam hal akses membuat Instagram dan beberapa media sosial yang lain cukup efektif untuk digunakan sebagai ladang pengenalan dan pemasaran produk. Jangkauannya yang cukup luas membuat semua orang dari berbagai penjuru daerah dapat mengakses informasi mengenai produk dan profil bisnis Anda secara mudah.
Efektif untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang terjangkau
Pada beberapa sosial media, Anda dapat memasang iklan di sana. Tentunya ini tidak gratis, namun cukup terjangkau jika dibandingkan dengan iklan offline konvensional. Selain itu, Anda juga dapat menentukan kategori pemirsa iklan Anda mulai dari usia, jenis kelamin hingga minat calon konsumen Anda. Yang mana, ini sangat menguntungkan karena semakin spesifik, iklan Anda akan berjalan dengan baik dan tentunya menuju pasar yang tepat.
Membantu Anda mengenal pelanggan lebih dekat
Lewat Instagram dan sosial media yang lain, Anda juga dapat menjalin komunikasi yang baik dengan para calon pelanggan maupun yang sudah setia dengan produk Anda. Sering-seringlah mengajak mereka berinteraksi dengan menanyakan inovasi semacam apa yang mereka inginkan dalam bisnis Anda.
Meningkatkan statistik pengunjung website
Jika Anda memiliki situs khusus untuk menjual produk, maka sosial media menjadi salah satu tempat yang tepat untuk melakukan promosi dan meningkatkan statistik kunjungan pada website Anda. Semakin banyak orang yang berkunjung ke website Anda tersebut, tentu semakin besar peluang para calon konsumen membeli produk yang Anda tawarkan. Tentunya sebelum itu Anda harus membuat konten dengan mencantumkan link yang mengarah ke website Anda pada caption-nya.
Membantu Anda dalam merespon keluhan pelanggan dengan cepat
Biasanya para followers meninggalkan beberapa komentar di akun sosial media bisnis kita. Nah, jangan menganggap remeh komentar yang mereka tulis itu. Sebisa mungkin, responlah setiap komen yang diberikan pengikut Instagram atau sosial media bisnis Anda yang lain. Respon yang cepat juga mempengaruhi psikologis seseorang. Meskipun awalnya mereka hanya bertanya dan tidak berminatuntuk membeli, namun dengan respon yang cepat dan ramah mungkin saja mereka akan berubah pikiran.
Memantau pasar dan memahami persaingan
Selanjutnya, Anda juga bisa memantau bagaimana pangsa pasar produk Anda lewat sosial media. Misalnya, ada kompetitor yang juga menjual produk yang sama. Tentu Anda bisa menganalisa informasi dari kompetitor kemudian dijadikan bahan evaluasi dalam mengembangkan strategi pemasaran Anda agar lebih efektif dan satu langkah di depan kompetitor.