Mau Kuliah di ITB? Ini Dia yang Harus Diketahui

  • 3 min read
  • Aug 01, 2021
Kuliah di ITB

Bisa ditebak, hampir semua orang pasti mengenal Institut Teknologi Bandung atau biasa disebut dengan ITB. Mengapa? Yup, sebagai salah satu perguruan tinggi negeri favorit sudah pasti menjadi menjadi incaran calon mahasiswa. Banyak sekali para lulusannya yang berkualitas dan memegang posisi yang sangat penting khususnya di Pemerintahan. Enaknya lagi, tidak sedikit lapangan pekerjaan yang sangat terbuka bagi mereka.

Nah, bagi Anda yang ingin kuliah di ITB maka di artikel ini akan dibahas tentang apa saja yang perlu diketahui seperti status, fakultas dan program studi dan lainnya. Yuk, disimak! Satu hal perlu yang diketahui yaitu Perguruan Tinggi Negeri ini sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Dengan usia lebih dari 50 tahun, tentu masa rentang yang cukup lama dengan segudang pengalaman sudah banyak memberikan kontribusi yang aktif khususnya di bidang pendidikan.

Fakultas dan Program Studi di ITB

  • ITB sendiri menawarkan 12 fakultas dengan program studi yang bervariasi. Apa saja itu?
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen yang memiliki program studi yaitu Bisnis dan Manajemen
  • Sekolah Farmasi dengan program studi farmasi
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika dengan program studi  teknik elektro, teknik informatika, , Ilmu komputer.
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati dengan Program studi yaitu biologi, Agribisnis, kehutanan serta teknik pertanian.
  •  Sekolah Arsitek, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan dengan program studinya adalah  Pariwisata Arsitektur.
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian dengan Program Studi seperti Teknik Kelautan, Teknik Geodesi
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan program studi yaitu Geofisika, teknik pertambangan.
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara dengan program studi yaitu Aeronotika dan Astronotika, Teknik material dan teknik mesin.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan dengan Program Studi seperti Pendidikan matematika, fisika, kimia.
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan program studi seni rupa, desain, dan desain visual.
  • Fakultas Teknologi Industri dengan program studinya meliputi ilmu dan teknologi pangan, teknik industri.
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan yang program studinya adalah Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, Kelautan.

Lokasi kampus ITB

Kampus ITB ini sendiri berada pada 3 lokasi seperti :

Kampus Ganesha

Yang merupakan kampus utama dari ITB yang berlokasi di Jl. Ganesa 10 Bandung. Hampir seluruh kegiatan perkualiahan di adakan di kampus ini. Ada keunikan dari bangunan gedung di Kampus Ganesha yaitu perpaduan antara bangunan pada zaman dulu dengan luasnya lahan hijau dengan pohon yang cukup rimbun. Di kampus ini sendiri ada Plaza Widya, kemahasiswaan ITB , Monumen Persahabatan dan Tugu Soekarno, Lebtek Biru, Kanal Air, Perpustakaan Pusat, dan sebagian besar lagi adalah ruang belajar mahasiswa.

Kampus Jatinangor

Dikarenakan kebutuhan akan fasilitas pendidikan yang semakin bertambah namun lahan yang cukup terbatas membuat ITB membangun kembali kampus mereka di Jatinangor. Ada banyak gedung penting yang dibangun disini seperti Gedung Rektorat dan Pusat Administrasi, 84 ruang kelas, perpustakaan, gedung fakultas teknik dan lainnya.

Kampus Cirebon

Adapun kampus ini dibangun diatas lahan seluas 30 hektar yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan riset nasional. Sesuai dengan kampanye yang digaungkan, maka kampus ini menciptakan Multi Kampus.

Cara Masuk ke ITB

Tidak sedikit yang bertanya bahkan mencari bagaimana cara untuk masuk ke ITB. Perlu diketahui bahwa untuk masuk dan kuliah di ITB maka ada tiga jalur yang harus ditempuh. Dimulai dari :

SNMPTN

Ini adalah langkah awal dimana calon mahasiswa bisa mengajukan permohonan dengan menggunakan nilai rapor SMA. Hanya saja, cara ini tergolong berat karena tingkat persaingannya adalah nasional.

SBMPTN

Jika di cara yang pertama gagal, maka cara yang kedua yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan jalur SBMPTN. Atau, biasa disebut dengan Ujian Tulis Berstandar Komputer.

Mandiri

Sesuai dengan namanya, maka jalur seleksi ini diadakan langsung oleh pihak ITB tanpa adanya campur tangan dari panita seleksi nasional. Satu yang perlu diingat, bahwa tahapan ini adalah tahapan terakhir sehingga mau tidak calon mahasiswa harus berjuang keras.

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Universitas Negeri yang ada di Bandung, bisa mengunjungi situs Babandungan.