Memahami Apa Itu Rehabilitasi Narkoba

  • 2 min read
  • Sep 14, 2021

Sejauh ini masih ada banyak orang yang ternyata belum memahami apa itu rehabilitasi narkoba. Pada akhirnya hal tersebut membuat keberadaannya tak begitu dimanfaatkan. Tentunya terutama dalam mengatasi serta memberikan pemulihan terhadap para pecandu.

Memahami Apa Itu Rehabilitasi Narkoba

Rebalitasi narkoba merupakan salah cara atau metode guna memulihkan para pecandu narkoba. Tujuannya adalah agar dapat terlepas dari ketergantungan akan narkotika. Namun selain itu, masih ada banyak pertanyaan lainnya, berikut beberapa diantaranya.

  1. Bagaimana Cara Mendaftar Rehabilitas Narkoba?

Untuk bisa mendapatkan layanan rehabilitasi narkoba tentu Anda harus melewati beberapa tahapan terlebih dahulu. Salah satu diantaranya adalah melakukan pendaftaran. Hal ini dapat berlangsung secara langsung ataupun memanfaatkan ketersediaan Website resmi BNN.

Bagi para calon pasien yang dikategorikan ke dalam sukarelawan maka dapat memanfaatkan Website BNN. Pasalnya, pihak tersebut telah menyediakannya guna memudahkan akses pendaftaran. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan ketentuan dan prosedur lainnya.

  1. Berapa Biaya Rehabilitas Narkoba?

Jika bicara mengenai biaya rehabilitasi narkoba, maka jawabannya tidak pasti dalam ketentuannya. Namun sejauh ini pemerintah telah mengeluarkan beberapa pernyataan perihal masalah ini. Rehabilitasi narkoba tak dipungut biaya apapun alias gratis.

Namun seperti yang diketahui bahwa rehabilitasi tidak hanya dimiliki oleh pemerintah saja. Ada pihak lainnya juga menyediakan layanan tersebut, baik LSM (lembaga swadaya masyarakat) ataupun pihak swasta. Perihal biayanya tidak ada jawaban pasti.

  1. Dimana Tempat Rehablitasi Narkoba?

Sampai pada saat ini tempat rehabilitasi narkoba di Indonesia bisa dikatakan sudah menyebar ke seluruh penjuru negeri. Hampir disetiap kota telah memiliki panti rehabilitasi. Jadi Anda tidak perlu bingung dan harus mencarinya ke luar kota, karena yang terdekat pun ada.

Jika masih kurang jelas, maka Anda bisa mengunjungi situs dari BNN.go.id. Pasalnya, di dalam Website tersebut terdapat informasi mengenai dimana saja keberadaan panti rehabilitasi narkoba. Mulai dari Sabang sampai Merauke dipastikan sudah tersedia.

Syarat Serta Ketentuan Untuk Mendaftar Rehabilitasi Narkoba

Terlepas dari pertanyaan tentang apa itu  rehabilitasi narkoba jakarta hal lain yang juga belum diketahui banyak orang ialah syarat pendaftaran. Tentu untuk bisa mendaftar tidak bisa dilakukan secara sembarang. Berikut beberapa prosedur mendaftar rehabilitasi narkoba.

  1. Mengajukan Surat Permohonan

Langkah awal atau syarat utama yang harus dipenuhi adalah mengajukan surat permohonan sebagai pasien rehabilitasi narkoba. Hal ini diajukan kepada pihak terkait. Bisa juga melalui IPWL (Institusi Pertama Wajib Lapor) dengan melampirkan berkas dan dokumen Anda.

Namun dalam hal ini terdapat beberapa ketentuan yang berbeda berdasarkan golongan calon pasien. Seperti pecandu yang dikategorikan sebagai pidana kasus hukum maka membutuhkan keputusan hakim. Jadi tergantung pada putusan saat pengadilan nantinya.

  1. Melakukan Tes Kesehatan

Setelah mengajukan surat permohonan beserta berkas yang dibutuhkan dan diterima, maka tahap selanjutnya adalah tes medis. Hal ini berlaku untuk seluruh kategori calon pasien, baik sukarela ataupun pidana kasus hukum. Tujuannya guna mengecek kondisi kesehatan.

Kesehatan yang akan diperiksa baik mengal maupun fisik. Tujuan lainnya adalah guna mengetahui tingkatan candu atau seberapa lama penggunaan narkoba. Dengan begitu, para dokter bisa menentukan jenis obat serta metode pengobatan yang tepat dan efisien.

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu rehabilitasi narkoba beserta pertanyaan lainnya. Kini Anda bisa bekerjasama dengan pihak terkait untuk membantu mengatasi masalah penyalahgunaan narkotika. Hal itu sebagai bentuk kepedulian sebagai warga Indonesia.