Memilih Genset Bensin atau Diesel

  • 2 min read
  • Oct 28, 2020
Memilih Genset Bensin atau Diesel

Genset adalah akronim dari “Generator set”, yaitu suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Mesin pembangkit kerja pada genset biasanya berupa motor yang melakukan pembakaran internal, atau mesin diesel yang bekerja dengan bahan bakar solar atau bensin. Generator adalah alat penghasil listrik. Prinsip kerja generator, yaitu mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik.

Jika Anda sedang mencari genset untuk kebutuhan Anda, ada sebaiknya Anda pertimbangkan dulu kira-kira genset apa yang pas untuk Anda. Banyak yang bertanya tentang lebih baik mana antara genset diesel (solar) atau bensin?

Sebelumnya kita lihat dulu harga bensin dan solar saat ini. Untuk tanggal 1 April 2016, BBM solar dan premium turun. Untuk bahan bakar premium memiliki harga Rp 6.950/liter, sedangkan solar Rp 5.150/liter. Jika dilihat dari harga bahan bakar, tentunya akan lebih murah menggunakan diesel. Tetapi, bukan hanya itu saja, energi yang dihasilkan oleh tenaga diesel memiliki energi yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan bensin, maka dari itu banyak peralatan berat menggunakan mesin diesel. Mesin diesel dulu memang terkenal dengan “Mahal” dalam perawatan, tetapi jangan takut saat ini mesin diesel modern telah mengatasi hal tersebut, sehingga perawatan tidaklah menggunakan biaya yang mahal lagi dan juga tidak bising saat dinyalakan.

Selain itu, mesin diesel juga lebih kuat dan tahan banting dibandingkan mesin yang menggunakan bensin. Dengan tidak adanya busi berikut kabelnya, maka tidak ada percikan api saat dihidupkan sehingga dapat mempermudah biaya perawatan. Biaya yang digunakan untuk produksi listrik per kilowatt sekitar 30-50% lebih rendah dibandingkan mesin yang menggunakan bensin sehingga membuat mesin diesel menjadi lebih irit. Mesin diesel pun memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan mesin yang menggunakan bensin karena mesin diesel tidak mudah panas, sedangkan mesin bensin mudah panas sehingga mempunyai umur yang lebih pendek dari mesin diesel. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan mesin diesel, karena banyak kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan mesin diesel.

Agar genset diesel bisa bekerja optimal dan tahan lama perlu adanya perawatan https://sewatama.com/pentingnya-perawatan-preventif-bagi-genset-diesel/ untuk informasi mengenai genset diesel lainnya dapat mengunjungi Sewatama.com.