Pipa SNI adalah pipa dengan Standar Nasional Indonesia yang digunakan secara resmi untuk saluran dan instalasi air bersih yang sesuai dengan nomor SNI 06-0084-2002 untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.

Pipa SNI menggunakan Jenis PIPA PVC atau poly vynil chloride yang terbuat dari bahan polimer termoplastik yang menggunakan bahan baku minyak bumi terendah dibandingkan dengan jenis polimer lainnya, yang khusus digunakan di Negara Indonesia saja karena untuk negara lainnya memiliki standar sendiri seperti jepang ada JIS (Japanese Industrial Standard). Dan Pipa SNI memiliki Panjang standar 6 Meter dan memiliki beberapa jenis sesuai dengan batas tekanannya.

Pipa PVC SNI selain digunakan saluran air bersih, pipa ini dapat digunakan untuk Proyek PU (Pekerjaan Umum), perumahan, Industri, Perkebunan dan Pertanian. Karena memang dibuat dari PVC yang tidak mudah berkarat sehingga aman untuk mengalirkan air bersih.

Dimana memiliki banyak kelebihan seperti mudah dalam pemasangannya dan juga kuat dalam segi kualitas dimana tidak mudah pecah dan bocor.

Terdapat 2 jenis proses sistem penyambungan yang dapat dilakukan di pipa SNI ini, yaitu :

  • Pipa SNI dengan sistem sambungan Rubber Ring

Atau dikenal dengan sistem RRJ (rubber ring joint) yaitu proses penyambungan dengan menggunakan ring karet. Sistem ini sangat cocok untuk menyambung pipa ukuran diameter besar karena lebih fleksibel dan anti bocor. Juga pemasangannya yang lebih mudah

  • Pipa SNI dengan sistem sambungan Solvent Cement

Sistem penyambungan pipa dengan menggunakan Lem pipa atau dikenal dengan istilah solvent cement joint (SCJ), penyambungan dengan cara ini lebih fleksibel digunakan untuk pipa diameter relative kecil. Dan tidak cocok untuk menyambung jenis pipa besar akan menghabiskan banyak lem.

Untuk harga pipa SNI ini bergantung pada diameter yang diperlukan, semakin besar diameternya maka semakin mahal harganya.

Pipa SNI banyak di temukan dengan berbagai merk, namun pastikan anda memilih produk SNI yang berkualitas. Karena banyak industri kecil yang membuat pipa PVC dengan tambahan kapur yang dijual dengan harga jauh lebih murah.