Mengulas IoT dalam Revolusi Industri 4.0

  • 2 min read
  • Dec 17, 2020
Mengulas IoT dalam Revolusi Industri 4.0

Internet of Things atau IoT merupakan hal yang menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari Revolusi Industri 4.0. penggunaan internet merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari era ini. IoT dalam Revolusi Industri 4.0 mempunyai peranan penting. Karena bisa menjadi solusi untuk kehidupan sehari-hari hingga dimanfaatkan untuk industri. IoT dapat untuk mempunyai membuat segala aktivitas yang Anda lakukan menjadi lebih mudah. Sehingga dengan menggunakan manfaat internet ini akan bisa membuat lebih mudah terhubung, merencanakan, dan juga melakukan eksekusi menjadi lebih baik.

Internet of Things sendiri merupakan konsep objek yang terhubung dengan internet. Sehingga nantinya dapat dimanfaatkan untuk mentransfer data melalui jaringan. Dengan internet akan membuat peran manusia lebih terbatas dan juga akan lebih membuat pekerjaan menjadi lebih otomatis. Sehingga nantinya tidak perlu untuk memerlukan interaksi dari manusia ke manusia, tetapi dari manusia ke perangkat komputer. Internet of Things sendiri diidentifikasikan dengan RFID yang digunakan sebagai metode komunikasi. Dimana untuk kemampuan yang dipunyai oleh IoT adalah dapat untuk berbagi data, untuk remote control, dan juga berbagai fungsi lainnya.

Internet of Things sendiri bisa Anda manfaatkan untuk banyak hal dan sektor. Dimana IoT dapat menjadi solusi berbagai sektor seperti berikut ini:

  1. Logistik dan transportasi merupakan sektor pertama yang dapat memanfaatkan internet of things. Anda dapat untuk mendapatkan visibilitas real time mengenai operasional. Sehingga nantinya transportasi dan juga logistik akan dapat dikontrol lebih mudah. IoT akan bermanfaat untuk banyak hal mulai dari penilaian tenaga kerja lebih baik, monitoring rute, dan juga berbagai hal lainnya.
  2. Layanan publik, energi dan pertambangan juga bisa memanfaatkan IoT. Dimana sistem ini akan dapat memberikan manfaat monitoring real time yang lebih terpercaya, akurat, dan juga efisien.
  3. Perbankan dan keuangan juga bisa membuat transaksi finansial yang dilakukan lebih aman dan mudah.
  4. Industri akan bermanfaat menggunakan Internet of Things karena mendapatkan data real time.
  5. Retail dan sektor bisnis lainnya juga bisa bermanfaat untuk mendapatkan kualitas manajemen yang lebih baik.

Adapun untuk manfaat utama dari Internet of Things adalah untuk hal berikut ini:

  1. Manfaat utama adalah untuk konektivitas karena IoT akan menghubungkan objek ke internet. Sehingga bisa meninggalkan perangkat yang pengoperasiannya secara manual dan akan bisa lebih bermanfaat dengan menggunakan objek yang terkoneksi dengan internet.
  2. Manfaat selanjutnya adalah akan mendapatkan efisiensi yang lebih baik. IoT akan dapat untuk menghemat waktu dan juga tenaga untuk melakukan pekerjaan yang dilakukan.
  3. Manfaat terakhir adalah kemudahan yang akan membuat mudah untuk mengatur suatu perangkat sesuai keinginan.

Sehingga dengan berbagai manfaat tersebut, maka IoT memang tidak bisa dilepaskan dari Revolusi Industri 4.0 yang dirasakan. IoT juga akan didukung dengan banyak hal untuk membuat solusi bermanfaat yang bisa didapatkan. Seperti dari unsur yang dipunyai oleh IoT yaitu kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Sekarang ini semua mesin sudah lebih pintar yang akan dapat mempunyai banyak manfaat yang diterima oleh penggunanya.

Adapun untuk berbagai hal yang berkaitan dengan AI di dalam IoT adalah:

  1. Konektivitas seperti yang telah dijelaskan di atas. Bahkan IoT akan dapat membuka jaringan baru dan jaringan khusus.
  2. Sensor yang akan membuat pembeda antara mesin satu dan lainnya.
  3. Keterlibatan aktif dari teknologi untuk menciptakan konten.
  4. Perangkat yang mempunyai ukuran kecil, makin murah, dan makin kuat.

Itulah beberapa penjelasan bagaimana IoT bisa menghidupkan industri saat ini. Karena teknologi ini dapat dioperasikan cukup hanya dengan satu sentuhan pada genggaman anda. Anda sudah bisa mengontrol keseluruhan bisnis anda dengan IoT.