Pentingnya Cek Resi pada Online Shop

  • 2 min read
  • Sep 09, 2021
Cek Resi pada Online Shop

Sudah bukan rahasia lagi kalau belanja lewat onlineshop memberikan banyak kemudahan dan keunggulan bagi customer. Onlineshop saat ini menjadi salah satu pilihan belanja yang banyak diminati masyarakat di dunia. Berbagai macam e commerce bermunculan untuk meberikan layanan terbaiknya bagi customer.

Semakin banyaknya market place saat ini juga meningkatkan jumlah jasa layanan pengiriman barang. Salah satu hal yang harus wajib dikeluarkan oleh onlineshop yaitu nomor resi. Banyak pelanggan yang meminta nomor resi tersebut pada e commerce untuk di cek kemudian.

Lalu apa sih pentingnya cek resi pada online shop? Nah berikut adalah beberapa ulasan mengenai hal tersebut untuk anda.

  1. Melihat Identitas Paket

Anda dapat melihat identitas barang anda dengan mengecek nomor resi yang anda dapatkan dari e commerce. Biasanya nomor resi ini merupakan beberapa kombinasi huruf dan angka. Identitas paket adalah hal pertama yang akan di input oleh petugas werehouse ekspedisi.

Paket atau barang yang tidak memiliki identitas nomor resi tentunya tidak akan diinput oleh petugas, sehingga pengiriman akan dihentikan. Anda sebaiknya memastikan nomor resi yang anda dapatkan dapat di tracking di situs pencarian resi di internet. Nomor resi yang muncul akan menjadi identitas barang atau paket yang dikirimkan.

  1. Mengecek Status Barang (Tracking Barang)

Anda dapat mengecek status barang dengan mentrackingnya melalui nomor resi. Anda dapat melihat status barang anda dan melihat lokasi barang kiriman anda. Pelanggan onlineshop tentunya tidak mau terjadi penipuan dalam pembelian barang, sehingga customer onlineshop akan secara berkala mengecek nomor resi.

  1. Mengetahui Kondisi Barang

Anda dapat mengecek nomor resi untuk mengetahui kondisi barang yang dikirimkan. Barang yang dikirimkan akan diinput dan dilakukan pengecekan di setiap werehouse pemberhentian. Petugas werehouse kemudian menginputnya agar rincian data yang diterima oleh customer dapat dilihat secara transparan.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Customer

Onlineshop yang memberikan nomor resi pada customernya tentu saja menjadikannya nilai plus. Customer akan lebih percaya pada onlineshop tersebut karena secara transparan memberikan bukti pengiriman yang sah dan legal secara hukum. Hal tersebut akan menjadi keuntungan bagi kedua pihak.

  1. Mengambil Barang Ekspedisi

Nomor resi yang anda dapatkan tentu saja harus anda simpan dengan aman untuk beberapa kepentingan salah satunya untuk mengambil barang kiriman. Anda dapat mengambil barang dengan mudah dan cepat dengan menunjukkan bukti nomor resi yang anda miliki. Apabila lembar bukti yang anda miliki hilang, maka anda dapat mengecek nomor resi di website pencarian resi.

Anda dapat membuka browser pencarian resi yang ada di perangkat anda. Anda dapat memasukkan nomor resi barang anda kemudian klik cari/pencarian. Anda harus menunggu beberapa saat sampai hasil pencarian keluar. Setelah rincian paket muncul, anda dapat menunjukkannya pada ekspedisi tempat anda mengambil paket.

Customer perlu melakukan pengecekan resi secara berkala untuk memastikan barang anda berada di gudang transit yang sesuai dengan ekspedisi yang anda gunakan. Pengecekan resi ini akan membantu anda meminimalkan penipuan maupun kerusakan barang baik kesalahan dari e commerce maupun dari pihak ekspedisi yang membawa barang anda.

Demikian merupakan beberapa info mengenai pentingnya cek nomor resi pada online shop yang dapat anda jadikan referensi. Anda dapat melihat nomor resi dan mengeceknya di beberapa situs pencarian yang anda inginkan. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas.