Pentingnya Marketing untuk Brand Lokal

  • 2 min read
  • Jul 26, 2021
Marketing

Mempunyai bisnis dengan brand lokal merupakan hal yang patut dibanggakan sekaligus menguntungkan. Bahkan beberapa konsumen lebih menyukai produk lokal daripada produk asing, alasannya sederhana, mereka lebih mengenalnya daripada produk asing tersebut. Namun anda harus melakukan marketing dengan cepat dan tepat untuk membangun brand yang dimiliki.

Dengan melakukan marketing yang tepat, adan akan memiliki beberapa keuntungan. Pertama, konsumen mudah untuk menemukan produk yang anda miliki. Walaupun lokal, namun jika tidak dipromosikan, bagaimana bisa dikenal konsumen? Pertama, memungkinkan untuk memenangkan dengan brand lokal lain, saat ini di Indonesia sudah ada sekitar 11 juta UKM yang melakukan promosi dengan cara online. Apakah anda ingin ketinggalan dari mereka? Ketiga, meningkatkan pemasukan. Sudah jelas tujuan marketing adalah untuk memasarkan usaha anda untuk digunakan konsumen.

7 Tips Marketing Terbaik untuk Brand Lokal

Sebenarnya ada banyak tips yang bisa anda lakukan, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips terbaik yang sudah terbukti ampuh untuk digunakan.

1. Marketing Online

Yang pertama, anda harus menggunakan media online untuk melakukan marketing. Dunia digital berkembang sangat pesat, pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 73% dari total penduduk yang ada. Dari angka tersebut sudah dapat disimpulkan bahwa promosi online merupakan cara yang efektif untuk membangun brand lokal. Apakah anda sudah tahu ada seorang tambal ban yang pernah melakukan promosi di media sosial? Apakah anda mau kalah dengannya?

Marketing online tidak harus dilakukan melalui media sosial saja, akan lebih terpercaya jika anda mempunyai website pribadi. Anda bisa menaruh profil lengkap tentang usaha tersebut pada website sehingga memudahkan konsumen untuk mengenal lebih dekat.

2. Teknik Local SEO

Berbeda dengan teknik SEO pada umumnya, melakukan optimasi pada lokal SEO terbilang lebih mudah. Hal ini dikarenakan cakupan area lebih kecil daripada SEO secara global. Sebut saja jika anda memiliki usaha pakan ternak di bandung. Maka anda harus mengoptimalkannya dengan melakukan riset kata kunci pada daerah tersebut. Kemungkinan kata kunci yang digunakan adalah “pakan ternak bandung”, jadi anda bisa memfokuskan pada keyword tersebut.

3. Daftar Google Bisnisku

Manfaatkan fitur yang ada di Google, keuntungan lain dari google bisnisku dapat mendukung lokal SEO yang anda lakukan diatas. Karena pada dasarnya Google bisnisku akan menampilkan bidang usaha yang dekat dengan daerah pencarian.

4. Menentukan Nilai Jual Brand Lokal

Nilai jual berarti kelebihan produk yang anda miliki dari yang lain, bisa dari segi harga, dari produk yang benar-benar istimewa, atau dari support yang ramah dan cepat. Anda bisa melakukan inovasi dari produk tersebut jika ingin dikatakan istimewa dan unik. Anda juga harus bisa memberikan harga terbaik yang masih terjangkau oleh konsumen.

5. Menggunakan Media Iklan

Tips berikutnya yaitu dengan menggunakan media iklan seperti Facebook ads atau Google ads. Cara ini terbukti cukup efisien, tentu anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Jika tidak, kemungkinan besar anda akan mengalami kerugian yang cukup besar. Pasalnya anda harus membayar untuk bisa mengiklankan produk disana.

6. Tawarkan Promo dan Diskon

Sudah bisa dipastikan efektif jika anda menggunakan tips yang satu ini. Terbukti dari banyaknya perusahaan yang sudah sukses membangun brand mereka melalui cara memancing pelanggan dengan memberikan promo atau diskon, misalnya dengan blast memakai layanan SMS gateway untuk promosi. Gunakan pada awalnya saja, misalnya untuk launching produk baru.

7. Kolaborasi Dengan Influencer

Untuk melakukan tips ini, yang perlu anda perhatikan adalah, siapa Influencer tersebut? Nyatanya mereka harus orang yang sudah banyak dikenal dan juga harus relevan dengan produk yang anda miliki. Selain terkenal, anda juga bisa mempertimbangkan jumlah folowernya.

Itulah tips marketing brand lokal yang menurut kami paling efektif dilakukan saat era global seperti ini. Jika memungkinkan, anda bisa menggunakan semua tips diatas.