Riau adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang terletak tepat di bagian tengah dari pulau Sumatra. Provinsi ini terletak tepat di bagian tengah di pantai timur Pulau Sumatra, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka. Hingga pada pertengahan tahun 2004, provinsi Riau juga meliputi Kepulauan Riau, dan sebagian besar pulau-pulau kecil di mana di pulau-pulau utamanya antara lain Pulau Batam dan Pulau Bintan di mana pulau-pulau tersebut terletak di sebelah timur Sumatra dan sebelah selatan dari Negara Singapura. Kepulauan ini dimekarkan menjadi provinsi tersendiri pada bulan Juli tahun 2004 lalu. Ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau adalah Pekanbaru. Kota besar dan Ibukota Kabupaten lainnya di Provinsi Riau antara lain Dumai, Selatpanjang, Bagansiapiapi, Bengkalis, Bangkinang, Tembilahan, dan Rengat.

Saat ini Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, di mana sumber dayanya didominasi oleh kekayaan dari sumber daya alam, terutama dari minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat. Tetapi, karena penebangan hutan yang saat ini merajalela sudah banyak mengurangi luas hutan di Provinsi Riau secara signifikan, dari awalnya luas hutan di Riau mencapai 78% pada tahun 1982 menjadi hanya 33% pada tahun 2005. Rata-rata kurang lebih 160.000 hektare hutan habis ditebang di setiap tahunnya, dan hanya meninggalkan 22%, atau 2,45 juta hektare pada tahun 2009. Di mana perusahaan-perusahaan yang ada di Riau melakukan deforestasi dengan tujuan untuk pembukaan lahan untuk kebun-kebun kelapa sawit dan produksi kertas sudah menyebabkan kabut asap yang pastinya sangat mengganggu masyarakat di provinsi Riau selama bertahun-tahun, dan pastinya bisa menjalar ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Sejarah Singkat Tentang Riau

Salah seorang peneliti naskah dari melayu yang melakukan penelitiannya di Provinsi Riau di mana seorang peneliti itu bernama Hasan Junus. Beliau mencatat setidaknya ada kurang lebih 3 kemungkinan awal mula munculnya kata atau nama “Riau” Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya tentang asal kata atau nama Riau.

  1. Kata atau Nama Riau berasal dari penggalan nama atau kata dari orang-orang Portugis yaitu “Rio” yang di mana itu berarti sungai.
  2. Kata Riau berasal dari salah satu tokoh Sinbad Albahar dalam kitab Alfu Laila Wa Laila atau yang dikenal dengan nama kitab “seribu satu malam”. Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa kata Riahi yang di duga menjadi salah satu sebab awal mula kemungkinan munculnya nama Riau. Kata Riahi juga bermakna Air atau Laut.
  3. Kata Riau berasal dari pola penuturan dari masyarakat setempat kala itu yang juga disebut Rioh atau Riuh. Dua kata tersebut bermakna ramai atau hiruk pikuk pekerja.

Berdasarkan dari riwayat sejarah tersebut, dahulu provinsi Riau adalah bagian dari Provinsi Sumatera Tengah, Sumatera Barat dan Jambi. Namun ternyata, karena bersatunya 3 provinsi ini tidak membawa banyak manfaat bagi pembangunan dan masyarakat Riau saat itu. Berangkat dari hal itulah, timbul keinginan untuk mendirikan provinsi sendiri, dan ingin berpisah dari provinsi Sumatera Tengah, Sumatera Barat dan Jambi.

Letak Geografis Provinsi

Provinsi Riau juga bersebelahan dengan Jambi, Sumatra Utara dan Sumatra Barat. Lebih tepatnya provinsi ini berada tepat pada titik koordinat 1º 15′ LS hingga -4º45’LU dan 100º 03′ hingga 109º 19′ BT. Dan luas wilayah administratif dari Provinsi Riau lebih kurang sekitar 87.023,66 km². Riau juga dikenal sebagai salah satu provinsi yang paling kaya akan sumber daya alam, seperti halnya minyak bumi dan gas alam. Hanya dengan 2 hasil tambang ini, Riau berhasil menjadi salah satu provinsi dengan tingkat kemakmuran penduduk yang cukup tinggi di Indonesia.

Untuk Kawasan Wisata Alam Provinsi Riau Juga Menyimpan Banyak Sekali Tempat Wisata Yang Patut Untuk Anda Kunjungi

Berikut ini adalah Beberapa daftar objek wisata yang bisa Anda kunjungi untuk sekedar menghibur diri, melepas penat atau mencari suasana baru dan bermain bersama dengan keluarga atau teman Anda.

  • Air Terjun Guruh Gemurai
  • Sungai Kampar
  • Air Terjun Aek Martua
  • Air Terjun Batang Koban
  • Danau Buatan PLTA Koto Panjang
  • Konservasi Gajah di Siak

Jika Anda ingin mengetahui informasi baik itu fakta unik tentang Provinsi Riau maupun tempat wisata baik itu wisata alam maupun wisata kuliner, Anda bisa langsung mengunjung Peta Riau untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya tentang Provinsi Riau.