Pinjaman KTA BRIGuna, Syarat Mudah dan Pasti Lolos

  • 2 min read
  • Jun 07, 2020
Pinjaman KTA

Pinjaman KTA BRIGuna, syarat mudah dan pasti lolos menjadi angin segar bagi seseorang yang mengalami masalah keuangan. Salah satu bank swasta tertua di Indonesia ini memang selalu berhasil menghadirkan inovasi terbarukan. Proses yang mudah, tidak berbelit-belit, dan memiliki cabang di mana-mana menjadi keunggulannya. Bisa dibilang, BRI adalah bank yang pro rakyat. Artinya, bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Salah satu produk unggulan BRI yaitu KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Maksudnya adalah peminjam alias kreditur tidak perlu memberikan jaminan (agunan) apa pun ke pihak bank. Sehingga bagi masyarakat yang tidak memiliki surat-surat berharga pun tetap bisa mengajukan pinjaman. Waktu pencairan yang diperlukan pun lebih cepat, karena pihak bank tidak perlu melakukan survei ke lapangan. Lantas, apa saja pilihan yang tersedia?

Jenis-jenis Pinjaman KTA BRIGuna

  1. KTA BRIGuna Karya

Yaitu KTA BRIGuna yang ditujukan untuk para pegawai negeri sipil serta karyawan swasta dengan sumber penghasilan tetap atau fixed income. Pembayaran kredit atau cicilan akan dipotong secara langsung dari rekening peminjam pada setiap bulannya. Suku bunganya cukup bervariatif, tergantung pada lama pinjaman yang diajukan.

  1. KTA BRIGuna Umum

Yaitu pinjaman KTA BRIGuna yang memiliki tenor paling panjang, maksimal 180 bulan atau 15 tahun. Terhitung mulai dari peminjam mengajukan pinjaman sampai tiba masa pensiun. Selain cicilan yang ringan, suku bunganya juga cukup rendah, yakni berkisar 7,2% – 10% per tahun. Siapa pun bisa mengajukan KTA BRIGuna umum, dengan catatan kreditur dapat melunasi pinjaman sebelum masa pensiun atau maksimal berusia 75 tahun.

  1. KTA BRIGuna Purna

Yaitu pinjaman tanpa agunan yang ditujukan untuk para pensiunan dengan sumber penghasilan tetap. Kelebihan dari pinjaman ini adalah pihak asuransi akan memberikan pertanggungan cicilan serta asuransi jiwa, jika peminjam meninggal dunia sebelum dapat melunasinya.

  1. KTA BRIGuna Pendidikan

Dengan inovasi baru, bank BRI meluncurkan produk Pinjaman KTA BRIGuna Pendidikan. Asal memiliki fixed income, seorang mahasiswa pun dapat mengajukan pinjaman. Sehingga bisa lebih fokus untuk melanjutkan study ke S2 atau S3.

Rahasia Pengajuan Pinjaman KTA BRIGuna Bebas Hambatan

Meski pengajuan Pinjaman KTA BRIGuna terbilang mudah, ada beberapa hal yang perlu dicek dan dipertimbangkan terlebih dahulu. Seperti:

  1. Pastikan Dokumen Lengkap

Syarat paling penting yang harus disiapkan adalah kelengkapan dokumen. Pastikan tidak ada yang terlewat satu pun agar pengajuan bisa berjalan bebas hambatan. Berikut rinciannya:

  • KTP atau Kartu Tanda Penduduk
  • NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pokok
  • KK atau Kartu Keluarga
  • SK Pengangkatan Pertama dan SK Terakhir
  • Slip Gaji
  • Fotokopi Buku Tabungan BRI
  • Surat Rekomendasi dari Atasan Kreditur
  • Surat Kuasa Potong Gaji atau Pensiun
  • Surat Kuasa Debet Rekening
  • SK Asli Pensiun (termasuk daftar pembayaran pensiun, buku pensiun, dan fotokopi Karip)
  • Pas foto suami/istri (bagi yang sudah menikah)
  • Form Permohonan Pengajuan Pinjaman
  1. Ukur Kemampuan Keuangan

Meski Pinjaman KTA BRIGuna memiliki limit tak terbatas, tetapi perhitungkan terlebih dahulu kondisi keuangan. Pasalnya, cicilan akan dipotong secara langsung ke rekening gaji. Jika peminjam mengambil angsuran terlalu besar, maka bukan tidak mungkin akan ada pos keuangan yang menjadi korban.

  1. Cek Riwayat Pinjaman Sebelumnya

Setiap bank pasti akan melakukan BI Checking, untuk mengetahui riwayat pinjaman sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan data bersih agar proses pengajuan bisa segera disetujui.

Demikian jenis-jenis pinjaman KTA BRIGuna beserta hal-hal yang perlu disiapkan sebelum mengajukan pinjaman. Jika Anda tidak memiliki waktu luang, maka tidak perlu berkecil hati. Karena saat ini, KTA BRIGuna juga bisa diajukan secara online. Semakin mudah, semakin dekat dengan masyarakat.