Promo Exclusive dari SehatQ

  • 2 min read
  • Feb 28, 2021
SehatQ

Siapa di sini yang belum pernah di lakukan swab test virus Covid-19? Jika kamu belum nih, ada informasi promo kesehatan dari sehatq.com yaitu memberikan promo swab test untuk semua orang yang ingin melakukan swab test tapi kekurangan budget.

Jika kamu ingin berlibur ke luar negeri di masa pandemi seperti ini, pasti akan ada persyaratan untuk melakukan swab test terlebih dahulu. Tapi uang kamu hanya cukup untuk kegiatan berlibur saja. Jangan khawatir kali sudah banyak jenis swab test yang bisa kamu pilih sesuai dengan isi dompet kamu.

Kenapa Harus di Swab Test?

Jenis test untuk deteksi infeksi virus corona tercepat adalah jenis test dengan kecepatan deteksi infeksi virus corona yang sangat cepat dengan menggunakan sampel darah. Akan tetapi ada juga cara lain agar bisa mendeteksi sebuah virus corona yang sangat akurat ketimbang sampel darah serta kelihatannya juga sama dengan rapid test yaitu cara tercepat dan akurat tersebut adalah swab test antigen.

Cara Swab Test Antigen Covid-19

Untuk paket swab test ini atau paket screening Covid-19 ini, menggunakan sampel yang bisa digunakan adalah apus tenggorokan yang ada di belakang saluran hidung atau juga berada di belakang saluran mulut, swab test corona dengan menggunakan sampel dari hidung ini sangat di sarankan atau lebih di rekomendasikan sedangkan untuk sampel dari mulut adalah cara alternatif saja.

Karena jika petugas swab test mengambil sampel dari hidung maka untuk mendeteksi infeksi yang di sebabkan oleh virus corona juga sangat cepat akan terdeteksi oleh alat swab-nya, akan tetapi untuk menggunakan sampel dari mulut itu biasanya akan memiliki kinerja yang lebih lambat untuk bisa menentukan infeksi atau tidaknya yang di sebabkan oleh virus corona.

Tata Cara Swab Test Melalui Hidung

  1. Langkah pertama yang petugas swab minta kepada pasien adalah untuk meniup napas melalui hidung untuk memastikan bahwa tidak ada sumbatan pada saluran hidung.
  2. Kemudian petugas swab meminta agar pasien untuk sedikit mendongak ke atas agar memudahkan pengambilan sampel tersebut.
  3. Alat swab yang di gunakan oleh petugas swab memiliki bentuk hampir sama dengan cotton bud tapi memiliki panjang yang lebih panjang dari cotton bud yang di gunakan untuk di telinga. Kemudian cotton bud tersebut di masukan lewat hidung sampai ke bagian belakang hidung sehingga sampel akan terkena oleh cotton bud tersebut.
  4. Setelah cotton bud tersebut samapi di bagian belakang hidung, dan seketika petugas swab akan memutar dan menyapukan cotton bud tersebut selama beberapa detik saja.

Tata Cara Swab Test Melalui Tenggorokan

  1. Langkah pertama yang di minta oleh petugas swab ke pasien adalah membuka mulut selebar mungkin.
  2. Kemudian petugas swab akan memasukkan alat swab test ke mulut pasien sampai ke bagian belakang tenggorokan, dan proses tersebut alat yang di gunakan tidak boleh menyentuh lidah pasien.
  3. Seperti pada swab test melalui hidung pihak petugas swab test juga akan menyapukan dan memutar alat swab test tersebut hingga beberapa detik saja.

Mungkin, pada saat proses swab test dalam pengambilan sampel tersebut, kamu akan merasa tidak nyaman dengan proses pengambilannya. Tapi untuk kesehatan dan untuk mengetahui apakah kamu terinfeksi virus corona atau tidak, mau tidak mau kamu harus mengikuti tata cara yang sudah di berikan oleh petugas swab test.