Rekomendasi CCTV Terbaik dan Berkualitas dan Tips Memilihnya

  • 3 min read
  • Jun 22, 2021
Rekomendasi CCTV Terbaik dan Berkualitas dan Tips Memilihnya

Kemudahan yang diberikan oleh teknologi, menjadi solusi bagi masyarakat terutama kaum urban dengan mobilitas tinggi. Lewat teknologi, Anda bisa memastikan keamanan hunian maupun tempat usaha dengan menambahkan CCTV. Untuk mendapatkan CCTV sesuai kebutuhan, Anda bisa memilih beberapa rekomendasi CCTV berkualitas yang ada di pasaran.

Penggunaan CCTV sebagai salah satu piranti sistem keamanan gedung harus menyesuaikan beberapa hal. Hal ini perlu diperhatikan, agar CCTV bisa memberi kinerja maksimal sesuai fungsi dan harapan Anda. Berikut ini beberapa hal terkait fungsi CCTV yang perlu Anda pahami, sebelum memanfaatkannya.

Fungsi CCTV Berdasarkan Kebutuhan

Ada banyak kegunaan dari CCTV sesuai kebutuhan penggunanya. Umumnya kebutuhan tersebut yang nantinya akan membantu Anda menentukan jenis CCTV serta rekomendasi CCTV dengan fitur yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari CCTV.

  1. Pendukung Sistem Keamanan

CCTV umum digunakan pada gedung ataupun hunian untuk mendukung sistem keamanan yang ada. Mengapa disebut sebagai pendukung? Sebab keberadaan CCTV bukanlah satu-satunya alat menjaga keamanan. Ada alarm dan juga petugas penjaga. CCTV bertugas mengcover area yang mungkin terlewatkan oleh penjaga dan membackup ketika penjaga atau alarm tidak mendapati sebuah kejadian.

Sebab CCTV akan terus beroperasi, sementara petugas penjaga keamanan ada kemungkinan lengah atau ada pada kondisi harus meninggalkan tempat jaga. Begitupun dengan alarm, ada kemungkinan dimanipulasi dan tidak semua orang memasang alarm keamanan.

  1. Mencegah dan Menindak Lanjuti Tindak Kejahatan

Fungsi CCTV berikutnya yaitu sebagai pencegah tindak kejahatan dan juga menindak lanjuti tindak kejahatan yang telah terjadi. Seperti melihat kronologis kejadian, sampai dengan mengidentifikasi pelaku.

Fungsi ini yang menjadi alasan pemasangan CCTV termurah di tempat umum. Terutama kawasan yang tidak ada petugas penjaganya dan cenderung sepi. Selain itu, keberadaan CCTV juga cukup mengancam pelaku kejahatan, sehingga tidak jarang yang memasang dummy CCTV sebagai bentuk pencegahan.

  1. Membantu Mengawasi Bayi dan Usaha Secara Real Time

Keberadaan CCTV akan sangat membantu Anda yang cukup sibuk tetapi juga perlu mengawasi Si Kecil di rumah. Anda bisa menggunakan CCTV monitor portable yang dapat dipindahkan oleh pengasuh atau ART sehingga Anda bisa mengawasi buah hati dari jauh.

Bagi Anda yang memiliki usaha tetapi tidak bisa stay di outlet, CCTV bisa membantu memantau dari jarak jauh. Anda bisa melihat produktivitas outlet, kinerja karyawan dan juga perilaku konsumen.

Dari beberapa fungsi CCTV sesuai kebutuhan di atas, Anda bisa memilih CCTV dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini. Dengan harapan, bisa berfungsi sesuai kebutuhan dengan performa yang memberi manfaat secara maksimal.

Tips Memilih CCTV Berkualitas

Selain merujuk pada fungsinya, pemilihan CCTV juga harus memperhatikan beberapa hal lain untuk menyesuaikan juga fitur yang harus dimilikinya. Sebab ada banyak jenis dan tipe CCTV dengan fitur berbeda-beda. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih CCTV.

  • Tempat dan Waktu Untuk Dilakukan Pengawasan, hal ini menjadi hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih CCTV sebagai sistem keamanan gedung. Baik gedung corporate maupun pribadi. Jika pengawasan dilakukan hingga malam hari, maka penting untuk menggunakan rekomendasi CCTV yang dilengkapi fitur night vision

Penempatan CCTV di luar ruangan juga harus dipertimbangkan dalam memilih CCTV. Sebab pemakaian di luar ruangan memerlukan CCTV dengan ketahanan yang baik atas air, debu juga risiko lainnya. CCTV dari HikCentral Enterprise salah satu yang bisa Anda jadikan pilihan.

  • Memiliki spesifikasi sesuai tujuan pemasangan. Dimana Anda harus mencermati spesifikasinya agar dapat memberi manfaat sesuai fungsinya dengan maksimal.
  • Harga, ini juga harus menjadi bahan pertimbangan. Ada beragam CCTV dengan variasi harga di luaran. Namun jika Anda memperoleh CCTV yang sesuai dengan harga yang juga masuk akal, maka bisa Anda ambil tanpa perlu pikir panjang.

Rekomendasi CCTV Terbaik

Jika Anda bingung dalam memilih CCTV yang beredar di pasaran, Anda bisa coba gunakan produk seri HikCentral Enterprise dari Hikvision. Dimana seri ini dilengkapi perangkat lunak yang mampu menjawab kebutuhan ritel, bangunan komersial, kawasan industri sampai dengan pendidikan.

Sebagai platform terbuka, HikCentral Enterprise sangat mudah untuk diintegrasikan dengan sistem pihak ketiga. Dilengkapi dengan kombinasi IoT, AI, pengenalan wajah, analisa data besar dan lain sebagainya, menjadikannya sebagai pilihan tepat untuk menunjang manajemen yang terpadu dan juga cerdas dari sebuah instansi atau perusahaan.

Pilih CCTV dengan jenis dan fitur yang mumpuni dalam menjalankan fungsinya. Rekomendasi CCTV dari HikCentral Enterprise menjadi solusi yang siap menjawab segala kebutuhan Anda akan fungsi CCTV di empat industri vertikal umum. Jangan ragu lagi, nikmati produkĀ  yang terpusat, kolaboratif dan cerdas, serta dapatkan manfaatnya.