Sejarah Persiba Bantul dan Prestasinya di Kancah Nasional

  • 3 min read
  • Dec 30, 2020
Persiba Bantul

Selain PSIM Yogyakarta dan PSS Sleman, ternyata salah satu klub sepak bola unggulan di Kota Yogyakarta adalah Persiba Bantul. Klub yang pernah digawangi oleh Slamet Nurcahyo ini mulai menunjukkan taringnya pada 2004 silam melalui Divisi Satu Liga Sepak Bola Indonesia.

Tidak semata-mata instan, perjuangan tim sepak bola asal Bantul tersebut juga cukup berliku-liku. Berdasarkan info dari FAIRPLAY.ID timim sepak bola asal kota geplak tersebut berjuang mulai dari bawah hingga bisa mencapai titik tinggi seperti sekarang ini. Meskipun demikian, tidak lantas membuat tim klub yang dijuluki Laskar Sultan Agung tersebut puas hati.

Sejarah Persiba Bantul

Tim Persatuan Sepak Bola Indonesia Bantul ini berdiri sejak 21 September tahun 1967. Dengan diketuai oleh Drs.H.M Idham Samawi, tim sepak bola ternama ini terus melakukan latihan rutin di Stadion Sultan Agung Bantul Indonesia. Pembabakan sejarah tim sepak bola asli Bantul ini di antaranya seperti berikut.

  1. Promosi Divisi Utama

Klub sepak bola Persiba Bantul mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan ke kompetisi bergengsi Divisi Utama Liga Indonesia pada tahun 2007. Bahkan beberapa pemain direkrut menjadi target promosi dan terbukti berhasil lolos.

  1. Promosi Liga Prima Indonesia

Usai lolos ke Divisi Utama Liga Indonesia beberapa waktu lalu, pada tahun 2011 Persiba dirombak oleh LSI karena ketidaksesuaian dengan standar AFC. Barulah kemudian tim sepak bola ini berhasil lolos seleksi AFC dan siap berkompetisi di Indonesian Premier League.

  1. Akuisi Bandung FC

Persiba juga sempat menandatangani MoU dengan Bandung FC pada 17 Agustus 2011 di Mess Persiba. Penandatanganan ini dikarenakan adanya urusan finansial dan legal yang wajib dipenuhi sebelum 22 Agustus 2011.

  1. Promosi ISL 2014

Pada penyelenggaraan Play Off tahun 2014, Persiba berhasil menjadi tuan rumah dan lolos ke ISL di tahun yang sama. Sayangnya, perjalanan tim sepak bola ini kurang mulus. Perjalanan tim ini berhenti sebagai Kunci Grup Timur dan harus kembali ke Divisi Utama Liga Sepak Bola Indonesia 2015.

  1. Liga 2018

Pada gelaran liga 2018 ternyata hanya mengambil tidak lebih dari 24 klub sepak bola saja. Keputusan tersebut juga diikuti dengan ketentuan pembagian format 2 wilayah yakni timur dan barat. Untuk itu, banyak klub yang turun kasta.

Baca juga: Sejarah Sepak Bola Indonesia, Piala Dunia 1938 dan PSSI

Prestasi Persiba Bantul

Tim Persiba cukup banyak menorehkan prestasi di dunia sepak bola Indonesia. Prestasi tersebut di antaranya seperti berikut.

  1. Liga Indonesia

Prestasi tim sepak bola asal Bantul yang pernah diraih salah satunya adalah berhasil masuk ke Divisi Utama Liga Sepak Bola Indonesia. Bahkan dalam divisi tersebut, tim tempat bernaung bek kenamaan Nopendi ini berhasil mendapatkan juara dalam kurun waktu 2010-2011.

  1. Piala yang Diperoleh

  • Cilacap Cup

Pada tahun 2010, Persiba juga berhasil menorehkan prestasi yakni memenangkan piala Cilacap Cup sebagai jaura 1. Piala ini tentu menambah panjang daftar deretan prestasi yang berhasil ditorehkan oleh tim sepak bola kenamaan asli Yogyakarta ini.

  • Gubernur Aceh Cup

Salah satu penghargaan bergengsi yang pernah diraih oleh tim sepak bola Bantul ini ialah Gubernur Aceh Cup. Pada kesempatan tersebut, Persiba berhasil menggondol piala Runner Up 1 pada tahun 2011 silam. Tentunya ini menjadi sebuah prestasi yang tidak akan terlupakan.

  • Batik Cup

Gelaran ajang sepak bola Indonesia berikutnya yang berhasil ditaklukan oleh Persiba ialah Batik Cup. Pada ajang sepak bola bergengsi ini, Persiba berhasil mendapatkan juara pertama. Prestasi tahun 2012 tersebut tentu semakin membanggakan bagi Persiba.

  • Magelang Cup

Pada acara Magelang Cup, Persiba kembali berhasil mengikuti jejak acara sepak bola Batik Cup. Perolehan juara 1 pada gelaran Magelang Cup mampu diraih oleh Persiba pada tahun 2012 dengan permainan yang sangat cantik.

  • Piala Kemerdekaan

Jeda tiga tahun dari torehan prestasi terakhirnya, Persiba kembali mampu menempatkan diri ke posisi cukup tinggi. Kali ini Persiba berhasil menduduki peringkat ketiga pada gelaran Piala Kemerdekaan pada 2015 silam.

Juara Liga Ti-Phone 2011

Pada ajang Liga Ti-Phone 2011 Persiba Bantul berhasil membungkam pecinta sepak bola dengan prestasinya yang luar biasa. Klub sepak bola ternama Bantul ini berhasil menaklukan Persiraja Banda Aceh dengan perolehan skor 1-0 di Stadion Manahan.

Setidaknya 20 ribu penonton telah menjadi saksi langsung atas kemenangan Persiba pada Mei 2011 silam. Persiba berhasil menciptakan permainan cantik dengan waktu 90 menit. Sundulan bola dari Wahyu Wiji Astanto pada menit ke 44 yang menjadi titik penentu kemenangan Persiba atas Persiraja Banda Aceh.

Pemain Idola Persiba Bantul

Sebagai salah satu landasan klub sepak bola ternama Yogyakarta, Persiba banyak ditaburi pemain-pemain handal. Bahkan banyak orang yang menjadikan pemain sepak bola dari klub ini sebagai idola. Pemain idola dari Persiba di antaranya Saka Novendra, M. Fikri dan Diky Pratama.

Terutama Saka Novendra yang berhasil masuk ke dalam jajaran Timnas U-19 sebagai kiper. Penyaringan tim sepak bola tersebut dilakukan pada 2017 silam di Lapangan Gamelan serta Stadion Utama Sultan Agung Bantul.

Membicarakan klub sepak bola ternama Yogyakarta tentu tidak terlepas dari Persiba Bantul. Sebagai salah satu tim favorit, skuad ini juga memiliki segudang prestasi dengan banyak pemain idola yang bertaburan. Bahkan hingga saat ini Persiba masih menunggu kedatangan 3 pemain asing untuk memperkuat tim.