Serunya Malang-Surabaya Naik Kereta Api

  • 3 min read
  • Jun 21, 2021
Serunya Malang-Surabaya Naik Kereta Api

Tidak dipungkiri jika Kota Malang punya banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Tapi sebagai orang lokal pasti pernah merasa ‘bosan’ jika harus liburan ke tempat yang sama terus menerus. Jadilah mencari alternatif kota menarik untuk berlibur yang tak jauh dari Malang; Surabaya.

Ibu kota provinsi Jawa Timur ini punya banyak pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner dengan pilihan makanan lezat yang siap memanjakan lidah dan perut. Nah, ada banyak transportasi yang bisa dipilih jika ingin ke Surabaya. Seperti misalnya kereta api.

Kereta api sudah sejak lama jadi pilihan moda transportasi paling populer untuk ke luar Malang. Tak heran jika banyak yang lebih memilih naik kereta api dari Malang ke Surabaya karena transportasi ini tak kalah nyaman dari transportasi lainnya.

Apalagi waktu tempuh yang relatif singkat, sekitar 2 jam saja membuat kamu yang tinggal di Malang punya banyak opsi jika ingin liburan sejenak ke Surabaya.

Belum pernah ke Surabaya naik kereta dari Malang? Ada banyak hal seru yang bisa kamu rasakan lho! Seperti berikut ini misalnya.

  1. Banyak pilihan jam berangkat

Tiba-tiba pengen main sebentar ke Surabaya? Tenang, jadwal kereta api Malang Surabaya ada banyak di setiap harinya jadi kamu bisa bebas kapan saja ke Surabaya. Kamu bisa beli tiket go show di stasiun jika ingin berangkat di hari itu juga.

Tapi jika ingin berangkat masih lama, kamu bisa beli tiketnya secara online melalui website terpercaya, seperti Traveloka misalnya. Dengan begitu kamu bisa merencanakan mau kemana saja selama di Surabaya; cocok jika ingin liburan 2-3 hari di sana.Oh ya, beli tiket kereta online juga seringkali ada promo menarik lho! Lumayan untuk menghemat biaya perjalanan, kan?

  1. Pilihan stasiun banyak

Malang punya banyak stasiun yang melayani rute Malang-Surabaya sehingga memberikan kamu banyak opsi ingin berangkat dari stasiun mana yang terdekat dari rumah. Yang paling populer itu adalah Stasiun Malang Kotabaru dan Stasiun Malang Kotalama. Kamu tinggal pilih mau naik dari stasiun mana.

Jika ingin go show, kamu bisa langsung ke stasiun. Jika beli online, kamu bisa pilih mau dari stasiun mana. Lalu bawa e-tiket yang didapat dari pembelian tiket kereta online untuk ditunjukkan pada petugas dan diganti dengan tiket fisik.

  1. Pilihan kelas kereta beragam

Kereta api yang melayani rute Malang-Surabaya dan sebaliknya terdiri dari kereta regular kelas ekonomi, kelas ekonomi AC plus dan kelas eksekutif yang bisa dipilih sesuai keinginan. Baik kereta ekonomi dan bisnis/eksekutif sama-sama nyaman kok. Mulai dari tempat duduknya yang nyaman hingga gerbong yang sudah memakai AC.

  1. Harga tiketnya super murah

Poin yang satu ini juga jadi alasan kenapa ke Surabaya dari Malang naik kereta api itu seru sekali, yaitu harga tiketnya yang tidak memberatkan kantong. Jika melihat harga tiket kereta Malang-Surabaya di aplikasi Traveloka, harga tiket ekonomi dengan Kereta Jayabaya tujuan Stasiun Gubeng Surabaya hanya Rp35.000 saja untuk sekali jalan.

Sedangkan jika ingin naik kereta eksekutif harga tiketnya menjadi Rp60.000 saja. Masih sangat terjangkau, bukan? Dengan uang segitu kamu bisa main sejenak di Surabaya lho!

  1. Waktu tempuh lumayan singkat

Waktu tempuh untuk kereta dari Malang ke Surabaya hanya memakan waktu sekitar 1 jam 50-an menit jika dari Stasiun Lawang atau sekitar 2 jam dari Stasiun Malang. Ini tentu masih tergolong cepat sehingga kamu pun bisa pulang hari dari Surabaya.

Selama perjalanan, pemandangan yang bisa dinikmati pun begitu indah. Dijamin deh kamu tidak akan rugi jika ke Surabaya naik kereta dari Malang.

Lalu sesampainya di Surabaya enaknya ngapain? Wah, banyak sekali yang bisa kamu lakukan. Mulai dari wisata kuliner mencicipi menu khas nan legendaris di Surabaya hingga berkunjung ke tempat wisatanya yang hits, seperti Surabaya North Quay yang happening atau santai dan piknik cantik bersama teman di Taman Bungkul juga oke!

Tapi kamu harus selalu ingat untuk melakukan protokol kesehatan dengan disiplin, terutama saat bepergian agar terhindar dari kemungkinan terpapar virus ya. Jaga juga kondisi tubuh agar tetap fit selama perjalanan sehingga kamu lebih kebal dari potensi infeksi.

Patuhi juga protokol kesehatan selama di dalam kereta ya! Seperti wajib pakai masker, tidak mengobrol dengan penumpang lain dan tidak makan untuk perjalanan kurang dari 2 jam. Nah, dari penjelasan diatas kebayang kan serunya naik kereta ke Surabaya.

Jadi kapan nih kamu mau main ke Surabaya naik kereta api dari Malang?