Teguh Boentoro adalah financial planner master jebolan PB Taxand. Perencanaan keuangan adalah proses menentukan apakah dan bagaimana seseorang dapat memenuhi tujuan hidup melalui pengelolaan sumber daya keuangan yang tepat. Perencanaan keuangan mengintegrasikan proses perencanaan keuangan dengan bidang studi perencanaan keuangan.

Bagaimana Perencanaan Keuangan Pribadi Dapat Bermanfaat bagi Anda? Baik. Perencanaan keuangan tampaknya merupakan tugas yang jelas untuk dilakukan oleh semua orang, tetapi berapa banyak orang yang Anda kenal ingin memiliki anggaran setiap bulan, menyeimbangkan investasi mereka setiap setengah tahun, dan pastikan untuk mengambil keuntungan dari semua pengurangan pajak yang tersedia setiap tahun ? Sayangnya tidak banyak orang menikmati melakukan hal-hal ini.

Namun, melakukan perencanaan keuangan dapat mencapai lebih banyak kekayaan untuk diri sendiri, melindungi keluarga Anda dari bencana keuangan apa pun, dan memberikan ketenangan pikiran bahwa semuanya akan baik-baik saja secara finansial.

Dua Bagian untuk Perencanaan Keuangan yang Efektif

1. Pengamanan

Pengamanan dalam perencanaan keuangan berarti Anda mengambil tindakan dalam membuat masa depan keuangan yang lebih aman untuk Anda dan keluarga Anda. Anda dapat mengambil tindakan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan menginvestasikan uang Anda di pasar saham dengan harapan pengembalian investasi Anda tinggi. Cara lain adalah menempatkan uang Anda di rekening tabungan di mana uang Anda lebih stabil daripada pasar saham dan tumbuh dengan sedikit bunga. Salah satu kasus adalah jenis pengamanan.

2. Pertahanan

Pertahanan terdiri dari Anda mempertahankan keuangan Anda dari bencana. Katakanlah tornado datang dan menghancurkan semua barang milik Anda. Apakah Anda memiliki asuransi untuk menanggung semua kerusakan? Asuransi adalah pertahanan untuk rencana keuangan Anda. Tanpanya, Anda akan menghadapi risiko yang dapat menempatkan Anda pada posisi yang buruk jika tidak cukup siap.

Seorang penasihat keuangan atau perencana harus dapat merancang rencana dengan pelanggaran dan pertahanan untuk kesejahteraan finansial Anda. Saya akan curiga jika perencana Anda hanya mempromosikan satu metode tanpa menyebutkan yang lain.