Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatra sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini merupakan salah satu pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia. Wilayah administratifnya memiliki luas 694,96 km² dengan kondisi geografi berbatasan dengan laut dan dikelilingi perbukitan dengan ketinggian mencapai 1.853 mdpl. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2017, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 927.168 jiwa. Padang merupakan salah satu kota inti dari pengembangan wilayah dari metropolitan Palapa.

Sentra perniagaan kota ini berada di Pasar Raya Padang, dan didukung oleh sejumlah pusat perbelanjaan yang modern dan 16 pasar tradisional didalmnya. Padang merupakan salah satu pusat pendidikan terkemuka yang berada di luar Pulau Jawa, ditopang dengan keberadaannya puluhan perguruan tinggi disana, termasuk tiga universitas negeri didalamnya. Sebagai kota seni dan budaya, Padang dikenal dengan legenda Malin Kundang dan novel Sitti Nurbaya, dan setiap tahunnya menyelenggarakan berbagai festival untuk menunjang sektor kepariwisataan. Nah jika Anda mau berkunjung ke Padang dari Batam bisa pesan tiket pesawat batam padang di Blibli saja murah, mudah dan praktis.

Inilah 5 Tempat Wisata Terbaru di Padang yang Paling Hits Untuk Anda Kunjungi:

  1. Jembatan Siti Nurbaya

Diresmikan tahun 2002, Jembatan Siti Nurbaya menjadi ikon baru di Kota Padang. Tepat di bawah jembatan tersebut mengalir Sungai Batang Arau. Panjang sungai mencapai 156 meter yang membelah wilayah kota dengan Gunung Padang.

Konon, puncak dari Gunung Padang menjadi tempat makamnya Siti Nurbaya. Banyak wisatawan yang mengunjungi makam tersebut untuk berziarah atau berwisata religi. Itu sebabnya, kawasan makam juga dikenal dengan sebutan Taman Siti Nurbaya.

Anda bisa melihat panorama indah Kota Padang bagian barat dari Taman Siti Nurbaya. Selain itu, Taman Siti Nurbaya menawarkan pemandangan pohon rindang, matahari tenggelam, dan gemerlap lampu di sepanjang sungai. Saat malam tiba, di sekitar taman tersebut juga terdapat wisata kuliner khas Padang.

  1. Miniatur Makkah

Anda ingin melihat Kakbah di Makkah? Tidak perlu langsung terbang ke negara tersebut; cukup kunjungi Miniatur Makkah saja. Lokasi tepatnya berada di Lubuk Minturun, Padang.

Replika Kota Makkah dibangun pada tahun 2000 sampai 2001. Mulanya, Miniatur Makkah dibuat untuk aktivitas manasik haji. Namun, keindahan replika tersebut menarik perhatian wisatawan. Fungsinya pun bertambah, menjadi tempat wisata.Mulai dari pintu gerbang, masjid, sampai kakbah dibangun seperti bentuk aslinya meski berbeda ukuran. Jika Anda masuk dari gerbang Masjid Nurzikrillah dan melewati Miniatur Kakbah yang berada di sebelah kiri. Khusus masjid, Anda hanya bisa memasukinya saat waktu salat tiba.

  1. Lubuak Rantiang

Lubuak Rantiang merupakan objek wisata baru di Padang yang masih jarang dijamah manusia. Selain karena letak tempat wisatanya yang terpencil, dan medan jalan yang menuju ke Lubuak Rantiang juga cukup terjal. Meski begitu, sebagian jalur ke lokasi tersebut sudah dilapisi aspal. Sementara beberapa bagian lain berupa jalan berbatu.

Namun, lelahnya Anda pastinya akan terobati setelah sampai di tempat wisata Lubuak Rantiang. Pasalnya, tempat ini menyuguhkan panorama air terjun yang menawan. Aliran air muncul dari sela bebatuan. Walaupun landai, bentuk curugnya unik berupa undakan. Selain itu, di bawah air terjun terdapat sungai menyerupai kolam renang alami.

  1. Pantai Carolina

Padang juga punya pantai yang masih terbilang baru, yakni Pantai Carolina. Semula, Pantai Carolina jarang dikunjungi wisatawan. Kini, pantai tersebut makin ramai seiring keindahannya makin terekspos.

Anda bisa melihat keindahan garis pantai yang membentuk lambang hati. Untuk mendapatkan spot lebih jelas, coba gunakan drone udara. Nantinya, lambang hati tersebut seolah menjadi batas antara pasir dan air.

  1. Pulau Kasiak

Tak perlu menunggu punya uang untuk menyewa pulau pribadi. Anda bisa mengajak pasangan atau keluarga berlibur ke Pulau Kasiak. Lokasi pulau ini berada di seberang Pantai Gandoriah, Pariaman, Padang. Luasnya mencapai setengah hektare dengan panorama laut biru dan pasir putih.

Itulah beberapa tempat wisata yang paling hits di Padang yang wajib untuk Anda kunjungi.