Jalan-jalan bersama si kecil dan keluarga memang menyenangkan. Namun, semua akan terasa berbeda begitu si kecil mulai ngambek dan bosan dengan yang sedang dijalani. Alih-alih mendapat penyegaran, orang tua jadi makin pusing dan ikut emosi.

Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur dengan anak, jangan khawatir dengan keadaan di atas, ya. Tetap siapkan diri sebaik-baiknya, beli tiket pesawat online dan pilih seat terbaik, lalu pelajari langkah-langkah berikut agar mood anak selalu oke sampai pulang kembali ke rumah.

  1. Selalu ajak berkomunikasi

Sebelum sampai di tempat tujuan, tantangan terbesar bagi orang tua adalah menjaga agar anak tidak rewel saat di perjalanan. Biasanya orang tua akan menyiasati dengan memberikan camilan favorit atau tontonan kesukaan agar anak terdistraksi. Namun, alangkah baiknya jika anak diajak berinteraksi langsung. Tidak perlu terus-terusan diajak ngobrol. Trik ini bisa dilakukan sambil membaca buku cerita atau mendengarkan podcast bersama atau menonton video karaoke sambil bernyanyi bersama. Satu yang harus diingat, jangan sampai mengganggu kenyamanan orang lain, ya.

  1. Pilih sarapan enak

Begitu sampai di tempat tujuan, ajak anak untuk mengeksplorasi dengan cara hunting makanan enak. Kegiatan ini bisa diaplikasikan dengan cara mencari sarapan lezat atau brunch yang menyenangkan. Jika tiba di akhir pekan, tidak ada salahnya hunting di area alun-alun atau car free day terdekat. Lewat eksplorasi ini anak jadi tahu suasana asli dari tempat yang ia kunjungi. Memberi kebebasan untuk memilih menu juga akan jadi kenangan seru tersendiri bagi si anak. Tugas orang tua hanya memeriksa apakah ada makanan yang terlalu pedas, tinggi gula, atau bertentangan dengan pola diet dan alergi yang dimiliki sang anak.

  1. Berenang

Tidak bisa dipungkiri, cara menikmati liburan yang paling seru adalah dengan main air atau berenang. Cara ini bisa dilakukan sesaat setelah tiba di tempat tujuan, terutama bila kamu menginap di hotel atau penginapan yang menyediakan kolam renang. Lewat berenang, rasa pegal dan capek yang dirasakan sang anak di sepanjang perjalanan akan hilang perlahan. Si kecil juga akan lebih ceria karena mengawali liburan dengan cara yang menyenangkan  Agar kegiatan berenang semakin seru, lakukan voli air atau balapan seru di area kolam renang.

  1. Rekam momen liburan vlogger

Anak ketagihan menonton Youtube? Jika iya, liburan akan menjadi langkah yang bagus untuk menantang si kecil menjadi travel bloger. Berilah proyek ringan berupa buku catatan kecil. Lalu, dia harus menuliskan pengalaman yang ia rasakan selama traveling berlangsung. Jika anak mampu melakukannya dengan baik, hadiahkan dengan kesempatan emas berupa izin boleh merekam liburan dengan menggunakan kamera atau smartphone. Gali potensi anak dengan membiarkan gaya bicara dan teknik pengambilan gambar yang ia mau. Sesekali, ikutlah bergabung dengan proyek seru ini agar anak merasa mendapat dukungan penuh.

  1. Hunting dessert enak

Hampir tidak ada anak kecil yang tidak menyukai dessert. Jika si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda bosan dengan perjalanan yang dilakukan, ajak untuk menjalankan misi yang seru: berburu dessert enak. Tidak usah jauh-jauh, carilah toko atau kafe dessert yang menyajikan kue atau es krim. Buatlah ajang seperti perlombaan untuk memesan hidangan yang enak, lalu nikmati secara bersama-sama. Sesekali, tanya pendapat anak soal perjalanan yang baru saja dilakukan agar rasa bosan dan bad mood-nya juga segera hilang.

Memanfaatkan liburan dengan si kecil memang bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika si kecil masih di bawah usia 5 tahun. Meski anak sering menunjukkan rasa tidak suka atau bosan, tahan diri untuk tidak terpancing emosi. Ingat bahwa traveling ini dilakukan sebagai ajang untuk bersenang-senang, ya. Selamat berlibur!