Tips Menulis Artikel untuk Majalah Online

  • 2 min read
  • Jul 23, 2021
Tips Menulis Artikel

Menulis merupakan suatu kegiatan yang harus tetap terus dilestarikan dan dikembangkan. Karena segala hal tentang menulis dibutuhkan oleh berbagai pihak untuk menulis informasi yang ada. bahkan hingga detik ini para penulis begitu dibutuhkan dan dihargai dengan nilai yang begitu besar.

Salah satu menulis yang begitu dibutuhkan adalah terkait dengan artikel yang ada dituju. Untuk menulis artikel di media tertentu kamu harus memahami banyak hal dari media tersebut. Sebab, setiap media berbeda-beda dalam menyeleksi artikel yang masuk maka dari itu perlu adanya tips agar tulisan kamu bisa dimuat.

Membaca Semua Artikel

Salah satu cara yang paling simple untuk menulis di majalah online adalah membaca semua artikel yang ada. makna dari membaca bukan hanya sekadar membaca masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Proses membaca yang baik ini adalah juga dengan menganalisa artikel yang telah dipublikasikan sebelum.

Dengan analisa seperti ini kamu pasti akan menemukan titik temu akan artikel di dalam majalah. Kamu akan paham bahwa artikel di dalamnya konsep hingga intisari dari isi di dalamnya agar diketahui.

Proses analisa seperti ini sangat penting. Sebab, jika kamu asal mengirimkan artikel tanpa proses ini maka hasilnya nihil. Jadi usaha kamu membuat artikel hingga berjam-jam tidak akan menghasilkan uang sepeserpun. Jika hal ini terjadi biasanya akan malas dan sulit untuk bisa menulis artikel lagi.

Mulai Menulis

Jika hanya membaca dan menganalisa saja rasanya tidak cukup untuk masuk ke majalah online. Kamu juga harus mulai menulis terkait topik yang dibahas dalam majalah tersebut. Proses menulis dengan topik tertentu terkadang akan memakan waktu yang lama. Sebab, kamu menulis sesuatu yang bukan bidangnya dan baru menulis.

Hal seperti ini memang harus terus dilatih secara terus-menerus agar terbiasa menulis sesuatu. Dengan suatu kebiasaan baik ini maka otomatis tangan kamu akan terbiasa mengetik sesuatu yang kamu pahami. Jika hal ini terus dilakukan maka menulis semua tema pun akan sangat mudah. sebab, tangan kamu sudah terbiasa menulis atau mengetik sesuatu yang kamu pelajari.

Misalnya saja majalah online yang kamu tuju dalam bidang keagamaan. Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika mulai menulis adalah menentukan dulu judul yang akan ditulis. Dengan modal judul ini kamu bisa menjabarkan lebih luas dalam bentuk artikel yang sempurna.

Tidak hanya judul kamu juga harus mulai menulis hal apa saja yang perlu dibahas dengan judul tersebut. Misalnya kamu menulis judul “Pandangan Ibnu Khaldun tentang Haid” maka hal yang kamu bahas terlebih dahulu adalah tentang haid dilanjutkan dengan siapa ibnu khaldun. Kemudian, diakhir itu kamu jelaskan secara rinci pandangan beliau mengetahui haid.

Melakukan Editing

Setelah tulisan itu sudah dalam bentuk artikel sempurna di tahap selanjutnya adalah melakukan editing. Tahapan ini mungkin agak susah dilakukan karena umumnya penulis malas untuk membaca lagi hasil tulisan. Hal semacam ini harus dihindari dan kamu wajib melakukan editing dari artikel yang kamu miliki

Editing ini dapat kamu lakukan dengan cara melihat apakah ada tulisan yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa. Selain itu dipahami juga apakah kalimat satu dengan yang lain saling berhubungan atau tidak

Itulah beberapa tips agar tulisan kamu bisa dimuat di majalah online. Hal-hal seperti wajib kamu lakukan karena jika sudah dimuat kamu akan mendapatkan uang dengan mudah. tips ini mungkin hanya sekilas dan kamu perlu mendapatkan tambahan tips lain untuk bisa lebih paham dalam menulis. Untuk mendapatkan itu semua kamu cukup mengunjungi Mustakim.org. Di blog tersebut kamu akan menemukan banyak sekali tips-tips dalam bidang penulisan.