Tips Panduan Menjalani New Normal Saat Pandemi Corona

  • 2 min read
  • Sep 24, 2020
New Normal

Sejak adanya pandemi corona atau juga bisa disebut dengan COVID-19, hampir semua orang mengalami kendala menjalani kehidupan seperti biasa akibat adanya pembatasan yang perlu dilakukan agar dapat mncegah penularan virus corona. Akan tetapi, dengan usainya pembatasan tersebut, pemerintah menganjurkan kepada semua orang untuk mulai melakukan kegiatan seperti biasa pastinya sambil mematuhi protokol kesehatan yaitu COVID-19

Dengan ini mendorong semua orang lebih gencar dalam menerapakn langkah pencegahan dasar wabah corona ini seperti rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabundan air mengalir atau juga dengan hand sanitizer, tidak menyentuh wajah dengan tangan yang belum di cuci dengan bersih, menerapkan physycal distancing dan mengenakan masker di setiap aktivitas terutama pada tempat umum.

Inilah hal penting yang harus anda ketahui untuk menghadapi masa new normal sesuai protokol kesehatan Pada saat keluar rumah dan kembali lagi ke rumah

Penerapan new normal akan membuat semua oranglebih longgar untuk keluar rumah. Akan tetapi mengingat wabah ini masih berlangsung semau orang harus tetap menerapkan langkan pencegahan dasar kapan juga dan di mana anda berada. Dan jangan pernah sekali-kali memaksakan diri untuk keluar rumah pada saat sedang tidak fit dan periksakan tubuh anda ke PCR Swab Test Surabaya apabila mengalami batuk dan sesak nafas.

Berikut tips jika Anda sudah sampai dirumah.

  • Selalu buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah anda.
  • Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang anda gunakan.
  • Cuci tangan dengan bersih dan menggunakan sabun.
  • Lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup.
  • Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul dengan keluarga.

Sewaktu menggunakan transportasi umum

Bila anda harus bepergian ke suatu tempat dan menggunakan transportasi umum, ada macam-macam hal yang harus perlu diperhatikan selain menerapkan langkah pencegahan dasarnya.

Agar dapat memudahan anda dalam menjaga kesehatan tangan, harus selalu menggunakan hand sanitizer. Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan. Dan selalu pastikan anda membawa botol minum untuk tetap terhindar dehidrasi selama perjalanan.

Hal yang penting untuk diingat selama berada dalam transportasi umum merupakan mengurangi interaksi dan menjaga jarak satu meter dengan penumpang yang lainnya. Apabila hal ini tidak bisa memungkinkan, sebaiknya jangan menggunakan transportasi umum.

Pada saat di Kantor

Dimulainya masa new normal akan membuat semua karyawan kembali bekerja di kantor dengan cara bertahap setelah beberapa bulan hanya bekerja dari rumah saja. Nah, agar tetap aman dan terhindar dari virus Corona di tempat kerja, anda perlu menerapkan pshysical distancing dalam setiap kegiatan di kantor.

Ketika berbelanja

Bila anda harus berbelanja membeli bahan makanan, kemungkinan anda akan bertemu dengan banyak orang. Dan ingin selalu menerapkan physical distancing. Anda harus bisa membatasi menyentuk barang yang ada di toko atau juga tempat umum. Setelah tidak menyentuh barang tersebut jangan menyentuh wajah atau juga barang-barang pribadi contohnya handphone, tas, dompet sebelum mencuci tangan anda.

Karena tujuannya adalah agar mengurangi resiko terkenang virus corona. Selain itu, selalu usahakan untuk tidak berlama-lama di tempat ramai atau tempat belanja. Selalu catat barang apa saja yang anda butuhkan dan langsung bayarkan ke kasir.

Usahakan anda jangan terlalu lama di tempat belanja agar terhindar dari virus corona. Catat barang-barang apa saja yang perlu dibeli dan langsung ke kasir ketika semua sudah Anda dapatkan.

Dan anda juga bisa melihat tentang tips-tips atau panduan kesehatan pada aplikasi halodoc yaitu aplikasi trobosan terbaik yang ada di indonesia, dan bisa juga untuk konsul kepada dokter hanya dengan via aplikasi saja.