Sering kali ketika saya berkumpul dengan teman teman saya di tanyai bagaimana sih membuat blog? Dan bahkan tidak sedikit dari mereka yang ingin di buatkan, lalu dengan bercanda saya menjawab mereka. Hello gaes kalian berani bayar gue berapa untuk di buatkan blog? Hehhe, tapi tidak kusangka mereka malah menjawab “iya maunya di bayar berapa?” hahaha santai gaes saya cuma bercanda, hal ini sangat membuktikan bahwa tidak sedikit dari kita masih banyak yang belum tahu bagaimana cara sebuah blog.

Ok gaes langsung saja kali ini saya akan saya akan membocorkan bagaimana cara membuat sebuah blog. Tapi sebelum kita membahas bagaimana cara membuat blog, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa itu blog.

Blog adalah website atau jurnal online yang membuat beragam infirmasi serta menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman. Postingan dan juga konten dalam blog di perbarui secara berkala, dan biasanya di kelola oleh satu atau sekelompok user.

Ok gaes setelah kita tahu apa itu blog mari kita bahas bagaimana cara membuat blog, ada beberapa langkah yang perlu di lakukan untuk membuat sebuah blog, beberapa langkah itu harus di lewati dan seluruh isi dalam Tutorial Blog harus di sunting sendiri.

  1. Langkah yang Pertama yaitu persiapan.

Hal yang pali utama yang di lakukan oleh seorang blogger sebelum membuat blog yaitu persiapan, apa-apa saja yang perlu di siapkan, pastinya yaitu kita harus mempunyai perangkat, misalnya komputer atau laptop yang dapat terhubung dengan internet, kalo tidak punya anda bisa menyewa di warnet atau rental computer di daerah anda.

  1. Langkah yang ke Dua adalah membuat atau membangun.

Setelah semua persiapan dan sedikit pengetahuan tentang blog telah anda dapatkan, maka tahap selanjutnya tentunya adalaah membangun atau membuat blog, membuat sebuah blog sangatlah mudah dan semuanya tersedia dengan gratis. Dan berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda lakukan:

Membuat Email, membuat Blog Blogspot, mengenal Bagian dan Fungsi Dasbor Blogspot, mengenal Bagian Ikhtisar Blogspot, mengenal Lebih Jauh Tentang Blogspot/Blogger, membuat Postingan/Artikel, memodifikasi Tampilan Blogspot.

  1. Langkah ke Tiga mengoptimalkan. Tentunya anda tidak mau sia sia membuat blog tanpa ada yang membaca, dan pada langakh pengoptimalan ini ada dua cra yang dapat di lakukan untuk optimalisasi blog anda, yaitu dengan membayar orang atau membuat sendiri dengaan gratis, tapi menurut saya jika anda tak mampunyai dana untuk membayar orang ada baiknya melakukan cara ini sendiri, berikut adalah cara yang perlu anda lakukan: mendaftarkan blog ke google, menggunakan webmaster tools, menggunakan bing webmaster, membuat dan memasang meta tag di blogger, membuat sitemap sekaligus di google webmaster tools, dan verivikassi blog di situs baru. Dan masih banyak lagi yang perlu di lakukan lagi.
  2. Langkah ke Empat yaitu monetize, ketika jumlah pengunjung blog nada telah meningkat dan tinggi , langkah berikutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan monetize, iya walaupun tahap ini sebenarnya tidak terlalu penting, namun hal ini juga perlu anda ketahui yaitu: mengenal Apa Itu Google AdSense, daftar Google Adsense dari Blogspot, cara memasang Iklan Google Adsense di Blogspot, mengaitkan Adsense dengan Google Custom Search di Blog anda, memasang Iklan Adsense di Bawah Judul dan juga Akhir Postingan, mempercepat Loading Blog anda dengan Script Asinkron Adsense.

Langkah langkah tersebut adalah langkap yang perlu di lalui dalam membuat sebuah blog, semoga bermanfaat.